Dua Rumah di Citra Indah Roboh Diterjang Banjir, Ini Penyebabnya

Dua Rumah di Citra Indah Roboh Diterjang Banjir, Ini Penyebabnya

Aliran air di jalan Perumahan Citra Indah saat banjir mereda. Dua bangunan dilaporkan roboh. (Foto: ist)

Batam - Puluhan rumah di Perumahan Citra Indah, Batam Centre kebanjiran pada Jumat (22/5/2020). Warga yang menghuni perumahan tersebut kalang kabut.

Anggota Komisi I DPRD Kota Batam, Lik Khai yang dihubungi warga Citra Indah langsung datang ke lokasi. Dari pengamatannya, penyebab banjir diduga disebabkan pipa Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang semrawut. 

"Memang pipanya tak beraturan, dibuat di tengah-tengah saluran air, bahkan juga dibuat melintang," ujar Lik Khai kepada Batamnews, Sabtu (23/5/2020) siang. 

Akibatnya keberadaan pipa-pipa tersebut menghambat jalannya air, apalagi kondisi itu semakin diperparah karena banyak sampah yang tersangkut pada pipa tersebut. 

"Banjirnya itu selutut orang dewasa, jalan perumahan juga tergenang," kata dia. 

Ditambah lagi, box control juga ditempatkan pada tempat yang tidak seharusnya yaitu dibangun di tengah-tengah saluran air. Akibatnya tidak hanya puluhan rumah warga yang mengalami kebanjiran, namun juga ada dua bangunan rumah milik warga yang roboh. 

"Jadi memang bisa buat banjir," ucapnya. 

Pada kesempatan itu, warga juga menyampaikan kepada Lik Khai bahwa pihak Rt/RW sudah menegur pihak yang melaksanakan proyek IPAL tersebut namun tidak mendapatkan respon. 

"Kata mereka (yang membangun IPAL), itu bukan urusan RT/RW ataupun lurah," jelas. 

Lik Khai menyampaikan permasalahan ini akan diteruskan kepada Badan Pengusahaan (BP) Batam yang bertanggungjawab pada proyek IPAL tersebut. 

Ia meminta agar BP Batam maupun perusahaan yang mengerjakan proyek IPAL dapat mengganti kerugian warga yang terkena dampak. 

"Minta ganti rugi, dan juga minta diubah posisi pipa IPAL-nya," katanya menegaskan. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews