https://www.batamnews.co.id

Sejumlah Jalan dan Perkampungan di Kijang Terendam Banjir

Banjir merendam jalan raya bahkan rumah warga (Foto:istimewa)

Bintan - Beberapa ruas jalan raya hingga perkampungan di Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, terendam banjir setelah hujan deras melanda, Rabu (17/6/2020).

Banjir ini menggenangi mulai dari Jalan Barek Betawi, Area Lampu Merah Dekat Tugu Tanjak Kijang Kota, Pasar Berdikari, Kebun Nanas dan sekitarnya. Lalu paling parah banjir terjadi di Kampung Kuala Lumpur RT 02/RW 06.

Salah seorang warga Kijang, Masno mengatakan, jika hujan deras melanda Kecamatan Bintan Timur, pasti beberapa titik jalanan banjir. Akibatnya rumah terendam dan sejumlah pengendara kesulitan untuk melewati jalan, bahkan ada juga warga terpaksa memutar balik guna menghindari banjir tersebut.

"Banyak pengendara yang kesusahan untuk melewati banjir dan terpaksa pelan-pelan. Mereka pun sebagian ada putar balik seperti pengemudi sepeda motor," kata dia kepada Batamnews, Rabu (17/6/2020) kemarin.

Hujan deras yang terjadi membuat debit air tak mampu ditampung drainase. Akibatnya di beberapa perkampungan, air luapan itu merendam rumah setinggi mata kaki sampai betis orang dewasa.

"Iya tadi banjirnya lumayan tinggi, tapi kalau di daerah Tugu Tanjak tadi di atas mata kaki, akibatnya ada beberapa pengendara sepeda motor yang mogok disaat banjir," ujar Masno.

Ia menambahkan, pukul 14.00 WIB banjir di sejumlah titik mulai surut dan lalu lintas berangsur normal. Menurutnya banjir kerap terjadi jika intensitas hujan tinggi dan berlangsung lama.

"Soal permasalahan banjir ini, sudah berulang kali dirasakan warga saat musim hujan. Apalagi kalau hujan turun deras seharian, banjir lah itu,” pungkasnya.

(ary)