5 Ide Tambah Penghasilan dari Rumah di Tengah Pandemi Corona

5 Ide Tambah Penghasilan dari Rumah di Tengah Pandemi Corona

Ilustrasi

Jakarta - Pandemi virus Corona (Covid-19) berdampak pada kondisi finansial banyak orang. Kehilangan pekerjaan hingga bisnis morat-marit pun membayangi.

Kondisi demikian tentu harus segera diatasi dengan mencari penghasilan tambahan. Beberapa pekerjaan tambahan ini bisa kita kerjakan dari rumah agar menyesuaikan kondisi pandemi yang mengharuskan social distancing sebisa mungkin. 

Nah, berikut ini 5 ide mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah seperti dilansir Batamnews dari detikINET yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jadi Freelancer

Setiap keahlian yang kalian miliki adalah aset untuk menghasilkan cuan. Kalian bisa menjual kemampuan sebagai jasa bagi pihak-pihak yang membutuhkan.

Beberapa pekerjaan freelance yang bisa kalian coba misalnya menjadi penulis artikel lepas, copywriter, transkrip, admin media sosial, web designer, graphic designer

Di zaman internet seperti sekarang, kalian bisa dengan mudah menemukan banyak proyek freelance lewat berbagai situs marketplace untuk para pekerja lepas, misalnya saja platform lokal seperti Freelancer Indonesia, FastWork, Sribulancer.

Atau kalian juga bisa mencoba peruntungan marketplace freelancer luar negeri yang dibayar pakai dolar seperti Freelancer.com, Fiverr, Upwork, dan masih banyak lagi.

 

2. Jadi Distributor atau Reseller

Banyaknya toko yang tutup dan kebijakan pembatasan sosial membuat para produsen dan pemilik produk putar otak mencari pemasar. Karenanya, berjualan online, baik melalui media sosial maupun marketplace jadi tren.

Kalau kalian buka Instagram saja misalnya, selain banyak iklan online shop wara-wiri, kalian akan melihat banyak produsen yang membuka kesempatan untuk menjadi agen distributor produk mereka.

Dengan jadi reseller atau distributor kalian tidak perlu memulai dari awal. Produknya sudah ada, kalian tinggal memasarkannya. Produk yang dijual juga macam-macam, mulai dari fashion, frozen food, minuman, hingga alat kesehatan.

3. Nulis Blog buat Passive Income

Di tengah tren konten yang katanya sedang didominasi video dan podcast, nyatanya usaha sampingan di rumah sebagai blogger masih menjanjikan.

Dengan mengembangankan hobi yang kalian miliki dalam menulis dan beberapa hal lain seperti kuliner, traveling, teknologi, atau hal lainnya, kalian berpeluang mendapatkan passive income.

Promosikan blog dan tulisan-tulisan kalian di media sosial agar ada lebih banyak orang yang baca. Setelah blog punya banyak pengunjung, kalian bisa mulai menjual jasa iklan di blog, atau menulis sebuah artikel untuk mempromosikan suatu produk atau jasa.

Selain kemampuan menulis, jangan lupa menginvestasikan waktu untuk mempublikasikan tulisan secara rutin. Tentunya hal ini memerlukan ketekunan untuk secara konsisten memberikan konten-konten yang menarik.

 

4. Jualan Foto di Internet

Ada banyak situs di internet yang memberikan akses foto-foto secara gratis maupun berbayar. Situs seperti ini disebut sebagai stock website dan orang-orang yang berkontribusi mengirimkan karya grafisnya disebut stock artist.

Kalau punya hobi dan keahlian fotografi, kalian bisa menjual karya sebagai stok foto di situs-situs seperti Shutterstock, Flickr, Unsplash dan lain-lain.

Selain bisa jadi cuan, situs stock foto ini juga bisa jadi wadah bagi orang-orang yang mengagumi karya kalian dan menjadi portfolio pekerjaan.

5. Jadi Guru Les Online

Tak semua orangtua paham dengan pelajaran tertentu seperti Matematika, Bahasa Inggris, Biologi, Fisika dan lainnya. Untuk itu, jadi guru les online bisa dilakukan.

Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, banyak orangtua kerepotan karena harus menemani anak-anaknya belajar sambil tetap bekerja dari rumah. Kalian bisa menawarkan jasa mengajar dengan mengandalkan video call lewat WhatsApp, Zoom, Meet dan lainnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews