Kejari Bintan Musnahkan Narkoba hingga Pakaian Kasus Pencabulan

Kejari Bintan Musnahkan Narkoba hingga Pakaian Kasus Pencabulan

Pemusnahan barang bukti hasil penanganan perkara oleh Kejari Bintan. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Kejaksaan Negeri Bintan melakukan pemusanahan barang bukti hasil penanganan Pidana Umum (Pidum) dan Pidana Khusus (Pidsus) yang mereka tangani sebelumnya. Pemusnahan dilakukan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Bintan di Keluarahan Sei Enam Kecamatan Bintan Timur, Senin (22/6/2020).

Kajari Bintan, Sigit Prabowo mengatakan barang bukti yang dimusnahkan antara lain narkoba jenis sabu, ganja, dan ekstasi. Lalu minuman berakohol (mikol), senjata tajam (sajam), baja ringan, handphone (Hp), laptop, printer dan pakaian.

“Eksekusi pemusnahan barang bukti ini sudah memiliki kekuatan hukum yang tetap oleh Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang. Baik itu selama tahun 2020 di bidang pidum dan pidsus,” ujar Sigit. 

Pemusnahan barang bukti ini juga sesuai keputusan hakim PN Tanjungpinang. Barang yang dimusnahkan antara lain narkotika jenis sabu yang merupakan barang bukti pengembalian hasil labfor dari penanganan 15 perkara seberat 374,72 gram beserta alat instrumen kejahatan narkotika.

Lalu ganja dari penanganan 3 perkara yang dikembalikan dari hasil labfor seberat 98,4 gram beserta alat instrumen kejahatan narkotika. Kemudian ekstasi dan obat terlarang dari penanganan 1 perkara yang dikembalikan dari labfor seberat 0,85 gram.

Berikutnya sajam dari 6 pekara dengan barang bukti 6 buah parang, baja ringan sebanyak 5.260 pcs, 16.421 botol mikol berbagai jenis yang tidak memiliki izin edar, hp untuk komunikasi dalam kejahatan sebanyak 41 unit serta laptop 1 unit dan printer 1 unit.

“Beberapa helai pakaian yang merupakan alat kejahatan pencabulan, penganiayaan, dan pencurian juga ikut dimusnahkan,” jelasnya.

Delapan jenis barang bukti itu dimusnahkan dengan cara yang berbeda-beda. Untuk narkotika jenis sabu dan ekstasi dimusnahkan dengan cara dimasukan ke dalam air panas yang mendidih agar cepat larut. 

Selanjutnya narkotika jenis ganja berserta beberapa helai pakaian dan barang lunak lainnya dimusnahakn dengan cara dibakar di dalam tong atau drum besi.

Lalu sajam, alat elektronik berupa Hp, laptop dan printer, serta baja ringan dan barang bukti keras lainnya dimusnahkan dengan cara dipotong dan dilindas. 

Miras dimusnahkan dengan cara dilindas menggunakan alat berat yang dikemudikan oleh petugas Dinas Perkim Bintan. “Semua barang bukti itu dimusnahkan sampai tidak dapat dipergunakan dan dimanfaatkan kembali,” ucapnya.

Pemusnahan barang bukti itu juga disaksikan oleh PN Tanjungpinang, Polres Bintan, BC Tanjungpinang, Rubasan Tanjungpinang, BPOM Tanjungpinang, DLH Bintan, Disperindag dan UMKM Bintan, serta Dinkes Bintan. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews