Bawaslu Lingga Aktifkan Kembali Panwas Pilkada 2020

Bawaslu Lingga Aktifkan Kembali Panwas Pilkada 2020

Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni saat melantik Panwascam sebelum adanya wabah Covid-19 (Foto:ist)

Lingga - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, kembali mengaktifkan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panwas Desa/Kelurahan yang sempat diberhentikan sementara pada April lalu. Pengaktifan ini seiring dimulainya tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni mengatakan, pengaktifan kembali Panwascam dan Panwas Desa/Kelurahan ini sebagaimana telah terbitnya Peraturan KPU No 5 Tahun 2020 tentang tahapan program dan jadwal pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Bupati/Walikota.

"Sebagaimana diketahui bahwa Panwascam dan pengawas pemilihan tingkat kelurahan/desa telah nonaktif beberapa bulan akibat penyebaran wabah virus corona atau Covid-19," ucap Zamroni kepada Batamnews, Senin (15/6/2020).

Lanjutnya, pengaktifan ini juga berdasarkan surat edaran Bawaslu RI Nomor:0197/k.Bawaslu/TU00.01/VI/2020 tentang pengaktifan kembali Panwascam dan Panwas Desa/Kelurahan dalam rangka Pilkada 2020. Dalam edaran tersebut dijelaskan agar Bawaslu segera mengaktifkan kembali Panwascam dan Panwas Desa/Kelurahan sebelum 15 Juni 2020.

"Maka dari itu kami segera mengeluarkan surat keputusan pengaktifan jajaran ad hoc Panwascam dan Panwas Desa/Kelurahan per tanggal 13 Juni kemarin," ujarnya.

Namun lanjut Zamroni, meski sudah diaktifkan, tapi dalam melakukan pengawasan, jajarannya tetap harus menatuhi protokol kesehatan.

"Kami berharap Covid-19 ini segera hilang, agar Pilkada Kabupaten Lingga bisa berjalan dengan baik tanpa ada was-was dan keraguan masyarakat untuk memilih nantinya di hari Rabu tanggal 9 Desember 2020," harap Zamroni.

(ruz)