Mimpi Bupati Bintan Punya Sirkuit Balap Kelas Dunia di Lagoi

Peta Bintan Lagoi. (Foto: Google Maps)

Bintan - Kawasan Pariwisata Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau banyak dilirik oleh para pecinta olahraga di dunia seperti pembalap motor dan mobil. Mereka menginginkan area wisata terpadu ini memiliki sirkuit permanen.

Tentunya sirkuit yang dibutuhkan dapat dipergunakan di segala iven. Mulai dari Moto-GP,  Formula 1 hingga mobil sport lainnya.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan Kawasan Pariwisata Lagoi dapat dibangun sirkuit permanen. Sebab lahan di kawasan ini masih tersisa seluas 23 ribu hektare (ha).

"Kita mendorong di Lagoi untuk mengembangkan pembangunan sirkuit bagi mobil-mobil mewah dari Singapura dan Malaysia," ujar Apri, kemarin.

Banyak orang-orang kaya pengoleksi mobil sport mewah di Singapura dan Malaysia menggunakan jalur perbatasan antara Singapura dan Johor Bahru, Malaysia untuk bermain. Sebab sirkuit permanen khusus untuk mobil sport mewah tak ada di sana.

Ini menjadi peluang besar bagi Kawasan Pariwisata Lagoi yang lokasinya berbatasan langsung dengan kedua negara tersebut. Apalagi lahan untuk pembangunannya tersedia.

"Kemarin, saya bertemu dengan teman-teman di Singapura. Mereka akui sangat butuh sirkuit itu di Lagoi," jelasnya.

Apri meminta campur tangan Kemenpar RI untuk membangun sirkuit di Lagoi. Jika hal ini terwujud, tentu saja dapat mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Lagoi. 

Selain itu juga bisa meningkatkan perekonomian di Kabupaten Bintan yang 60 persen PAD-nya disumbangkan oleh sektor pariwisata.

Upaya ini sekaligus menjadi terobosan baru Pemkab Bintan agar lebih membuat destinasi di Bintan menjadi lebih menarik dan diminati wisman. Sejauh ini, Bintan menurutnya memang terfokus pada sport tourism (olahraga wisata).

"Bayangkan, setiap Sabtu-Minggu, turis dari Singapura bermain mobil mewah seperti Ferrari di Lagoi. Pastinya PAD kita juga melejit," ucapnya.

Respons Wishnutama

 

Terpisah Menteri Pariwisata, Wishnutama menyambut baik usulan pembangunan sirkuit mobil mewah di Lagoi. Dia berjanji akan mempelajari lebih lanjut usulan tersebut.

Dikatakannya, Kemenpar RI melalui Deputi MICE, Events, dan Produk Wisata memang memiliki beberapa rencana untuk memperbanyak iven wisata guna mendatangkan lebih banyak wisman ke Lagoi.

Salah satunya, menurutnya yaitu, iven seperti festival musik yang menyerupai Tomorrowland, yakni sebuah festival dansa elektronik di negara Belgia.

Kemenpar juga akan berkoordinasi dengan pihak Lagoi untuk menyiapkan satu lokasi untuk penyelenggaraan event-event sejenis, seperti konser dan sebagainya.

"Lokasi itu dibuat multifungsi. Bisa juga untuk sirkuit mobil mewah, seperti yang disampaikan Pak Bupati Bintan," katanya. 

(ary)