Bupati Apri Sambut Baik Lagoi Terima Wisawatan di New Normal

Bupati Apri Sambut Baik Lagoi Terima Wisawatan di New Normal

Kawasan Wisata Lagoi. (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan - Pemkab Bintan menyambut baik diberlakukannya langkah new normal atau kenormalan baru ditengah pandemi Covid-19.

Bupati Bintan, Apri Sujadi mengaku siap mendukung Kawasan Pariwisata Lagoi dibuka kembali saat Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Dalam waktu dekat ini juga hotel dan resort yang ada di kawasan pariwisata terpadu tersebut akan menerima tamu dari mancanegara.

"Kita menyambut baik jika new normal diberlakukan. Sehingga Lagoi bisa dibuka kembali untuk wisatawan mancanegara," ujar Apri, kemarin.

Pemkab Bintan juga mengapresiasi langkah-langkah yang ditetapkan oleh Kawasan Pariwisata Lagoi saat Pandemi Covid-19.

Destinasi unggulan di Kabupaten Bintan itu menerapkan protokol kesehatan dalam menghadapi Covid-19 dengan sangat baik.

Ia mengharapkan kawasan pariwisata yang dikelola PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) tersebut bertambah sukses, maju, dan gemilang dalam menghadirkan turis-turis mancanegara.

 

"Lagoi jadi penompang perekonomian yang terbesar sampai saat ini. Baik bagi Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri maupun Indonesia," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Bintan, Wan Rudi Iskandar mengatakan sampai detik ini belum ada teknis penerapan maupun pelaksanaan aturan terkait new normal ini. Sehingga pihaknya hanya bisa melakukan koordinasi antar pelaku usaha pariwisata saja.

"Belum ada aturan atupun teknisnya seperti apa. Jadi sambil menunggu teknis new normal ini, kami lakukan sebatas koordinasi dengan pelaku usaha pariwisata di Lagoi maupun Trikora. Itupun terkait pemenuhan protokol kesehatan di masing-masing lokasi wisata," jelasnya.

Jika new normal diberlakukan, dikatakan Wan Rudi pastinya akan ada revisi Permenkumham Nomor 11 tahun 2020 tentang pembatasan WNA masuk ke Indonesia. Informasinya aturan itu direvisi pertengahan Juni atau 6 Juli 2020 mendatang.

Ke depannya, jika new normal ini diberlakukan, pola wisata di kawasan atau daerah yang masih ada wabah Covid-19 akan berubah, tidak melihat dari kuantitas tapi lebih fokus wisata kualitas.

"Wisata kita akan bergerak kembali. Tapi untuk wisatawan mancanegara yang akan masuk ke Bintan kita masih menunggu perubahan aturan," ucapnya.

(ary)