Hargai Cabai di Batam Terjun Bebas Jelang Lebaran

Hargai Cabai di Batam Terjun Bebas Jelang Lebaran

Ilustrasi pedagang cabai di Batam.

Batam - Harga komoditas kebutuhan pokok di Batam, Kepulauan Riau terpantau stabil sepekan sebelum Lebaran 1441 Hijriah. Sejumlah komoditas bahkan menunjukkan penurunan harga.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau menyebut salah satu komoditas sayur yang harganya justru terjun bebas adalah cabai, khususnya jenis cabai merah keriting.

"Cabai justru malah turun jauh Rp 15 ribu saat ini karena memang daerah penghasilnya sedang murah dan daerah-daerah lain juga panen," kata Gustian, Sabtu (16/5/2020). 

Tidak hanya cabai, harga sayur mayur juga terus mengalami penurunan, terutama bayam, sawi dan kacang panjang. Penurunan harga ini disebabkan kurangnya daya beli masyarakat sehingga inflasi di bulan Ramadan bisa ditekan. 

"Kami dari pemerintah melihat memang tidak ada kenaikan signifikan menjelang lebaran seperti tahun-tahun sebelumnya," ungkapnya. 

Walaupun harga bahan pangan masih stabil, namun Disperindag Kota Batam akan terus memantau harga pasar untuk memastikan tidak adanya pelonjakan harga di tengah pandemi Covid-19 ini. 

"Nanti dua hari sekali kami akan selalu survei ke pasar-pasar untuk harga bahan-bahan pokok kita. Saat ini memang kami lihat tidak ada kenaikan berarti sampai tiga bulan ke depan," ujar Gustian. 

Adapun kenaikan harga, yang saat ini terjadi hanya pada harga daging ayam saja yang naik hingga Rp 3 ribu per kilogram karena tingginya permintaan dari warga dan terbatasnya persediaan. 

"Karena stok yang ada daerah terbatas serta waktu kendala di transportasi terhadap persediaan yang akan masuk," jelas Gustian.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews