Bisnis Sayur Online, Meraup Cuan di Tengah Pandemi Corona

Bisnis Sayur Online, Meraup Cuan di Tengah Pandemi Corona

Putra Siregar, salah satu founder pasarsayuronline.com.

Batam - Pandemi Corona di seluruh dunia, membuat membuat aktivitas masyarakat terbatas, terutama harus menghindari kerumunan. Kondisi ini mempengaruhi aktivitas jual beli konvensional.

Dalam konteks pemenuhan kebutuhan pokok sehari-hari, wabah Corona telah membuat banyak orang berpikir untuk berbelanja langsung ke pasar tradisional.

Adanya kebiasaan baru masyarakat selama pandemi untuk menghindari kerumunan ini, membuat sejumlah orang mulai merintis usaha secara daring. Berharap muncul cuan di tengah wabah.

Di Batam, e-commerce yang menggarap sektor ini pun bermunculan. Salah satunya adalah pasarsayuronline.com.

Dagangannya pun sama yakni berbagai kebutuhan pokok seperti yang dijajakan pedagang di pasar tradisional. Mulai dari sayuran, buah-buahan hingga bumbu-bumbu pendukung.

Market place ini didirikan oleh trio anak muda Batam yakni Putra Siregar, Ammar Satria dan Nurul Syafitri. Warga bisa berbelanja aman dan nyaman dari rumah berbekal handphone saja.

"Kita perçaya bahwa di saat pandemi saat ini, warga Batam membatasi diri untuk berpergian ke pasar dan pasarsayuronline.com hadir membantu menyiapkan kebutuhan konsumsi rumah tangga," kata Ammar, Sabtu (16/5/2020).

Menurut Ammar, harga yang dibanderol di pasarsayuronline.com tak jauh berbeda dengan pasar tradisional. Bahkan, untuk beberapa jenis komoditas malah lebih murah.

Untuk berbelanja di Pasar Sayur Online, cukup mengunjungi website pasarsayuronline.com atau melalui aplikasi Pasar Sayur Online Batam yang bisa diunduh di Google Play Store.

Konsumen bisa memilih cara bayar. Bisa secara cash atau Cash on Delivery (COD), maupun melalui aplikasi dan transfer lewat rekening bank.

"Belum ada sebulan aplikasi ini diluncurkan, tapi Alhamdulillah respon konsumen di Batam sangat luar biasa," kata Ammar.

Berdasarkan data statistik Google Analytics, tingkat kunjungan ke website pasarsayuronline.com ada peningkatan signifikan. Dalam dua pekan terakhir, tercatat ada 200 ribu lebih pengunjung situs tersebut.

"Kita baru berjalan belum genap sebulan, total transaksi sehari bisa sampai 500 orderan, terlebih sekarang selama masa promosi kita gratis pengiriman ke seluruh Kota Batam," ungkapnya. 

Dia menyebut, konsumen Pasar Sayur Online mayoritas kalangan ibu rumah tangga. Cukup masuk akal karena mereka selalu ingin menyajikan makanan yang fresh tanpa harus keluar rumah. 

"Karena permintaan tersebut kami selalu berusaha untuk melayani dengan kualitas sayuran yang segar dan harga yang murah," ujar Ammar. 

(das)