Balita di Batam Positif Corona, Terpapar dari Klaster WNA India

Ilustrasi.

Batam - Pasien positif Covid-19 Kota Batam, Kepulauan Riau bertambah pada Sabtu (16/5/2020). Dengan tambahan ini, kumulatif total pasien positif berjumlah 54 orang. 

Wali Kota Batam, HM Rudi mengatakan pasien Corona baru merupakan balita perempuan berusia 3 tahun 8 bulan. Pasien ini terkait dengan klaster WNA India anggota Jamaah Tabligh.

"Kasus baru ini berdasarkan hasil tracing close contact yang terus berlangsung dari klaster terkonfirmasi positif nomor 32, yang merupakan WNA yang telah meninggal dunia," ujar Rudi dalam siaran pers yang diterima Batamnews, Sabtu siang. 

Balita perempuan ini diketahui tinggal di kompleks Masjid Baiturrahman, kawasan Sungai Harapan, Sekupang. Ia merupakan anak kandung dari pasien nomor 45 Kota Batam. 

"Ayahnya lebih dulu terkonfirmasi positif," kata dia.  

Menindaklanjuti hasil tracing oleh Tim Penanganan Covid-19 Puskesmas Sekupang terhadap kasus positif nomor 45, maka tim melakukan pemeriksaan Rapid Diagnostic Test (RDT) terhadap balita ini beserta ibu dan enam saudara kandungnya pada tanggal 5 Mei 2020. 

Sempat Non Reaktif

 

Awalnya, hasil pemeriksaan RDT dinyatakan non reaktif. Namun setelah ayahnya terkonfirmasi positif, maka pada tanggal 14 Mei 2020, dilakukan lagi pemeriksaan swab tenggorokan terhadap pasien nomor 54, ibu dan enam saudara kandungnya. 

"Hasilnya pemeriksaan diterima hari ini, dan pasien nomor 54 ini terkonfirmasi positif, sedangkan hasil pemeriksaan swab ibu dan keenam saudaranya adalah negatif," jelas Rudi. 

Sejauh ini kondisi yang bersangkutan dan keluarganya dalam keadaan stabil dan tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti, dan saat ini masih dalam isolasi/karantina mandiri di rumahnya di bawah pengawasan dan pemantauan oleh Tim Penanganan Covid-19 Puskesmas Sekupang, Batam.

Sebagai tindak lanjut penyelidikan epidemiologi (PE) terhadap kasus ini, ibu beserta anak-anak tersebut oleh Tim Penanganan Covid-19 Puskesmas Sekupang telah dijadwalkan kembali untuk dilakukan pemeriksaan swab tenggorokan dalam waktu dekat. 

"Tetap diingatkan kembali untuk malakukan jaga jarak, senantiasa mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tetap di rumah saja dan mengenakan masker jika terpaksa harus keluar rumah," katanya. 

(ret)
SHARE US :
Komentar Via Facebook :