Transaksi Non-Tunai Lebih Diminati Masyarakat saat Pandemi Corona

Transaksi Non-Tunai Lebih Diminati Masyarakat saat Pandemi Corona

Ilustrasi.

Batam - Bank Indonesia (BI) wilayah Kepulauan Riau mencatat ada peningkatan penggunaan transaksi non-tunai di tengah pandemi Corona saat ini.

Dari pengguna Quick Respon Indonesia Standard (QRIS) code saja, BI mencatat ada penambahan sebanyak lima ribu merchant baru yang bergabung. 

Dari 26 ribu merchant saat ini merchant yang bergabung menggunakan QRIS menjadi 31 ribu. 

"Kami juga terus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk penggunaan transaksi non-tunai dan memang butuh waktu," kata Kepala Kantor Wilayah BI Kepri Musni Hardi K. Atmaja, Sabtu, (9/5/2020).

Peningkatan penggunaan transaksi non tunai dipicu oleh kesadaran masyarakat untuk mencegah penyebaran virus melalui uang tunai. 

Untuk meningkatkan minat masyarakat manfaatkan transaksi non tunai, BI juga mengeluarkan kebijakan dengan memberikan pembebasan biaya pemrosesan transaksi menggunakan QRIS. 

Selain menggunakan QRIS, transaksi non-tunai juga bisa dilakukan menggunakan kartu debit, mobile banking, uang elektronik lainnya baik berupa kartu maupun aplikasi. 

"Bank Indonesia juga menerapkan penurunan biaya dan penyesuaian jadwal pelaksanaan kliring, melonggarkan kebijakan kartu kredit, serta mendorong dana bansos pemerintah secara non tunai," ujar Musni.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews