Ketua IKSB Bengkong Positif Corona Sempat Tarawih Berjamaah dan Bagi Sembako

Ketua IKSB Bengkong Positif Corona Sempat Tarawih Berjamaah dan Bagi Sembako

Ilustrasi.

Batam - Ketua Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Kecamatan Bengkong, Darwin Darwis terkonfirmasi positif Covid-19 telah meninggal dunia sebelum hasil pemeriksaan sampel swab keluar. Dia dinyatakan sebagai kasus Covid-19 nomor 35 di Batam.

Dari hasil penuturan pasien sebelumnya, diketahui pasien pernah dirawat di rumah sakit pada tanggal 28 April 2020 di salah satu rumah sakit swasta di Lubuk Baja. Sebelumnya itu, almarhum beraktivitas dalam penyerahan bantuan sembako. 

“Dan pernah juga melaksanakan salat tarawih berjamaah di masjid AF dekat rumahnya,” ujar Wali Kota Batam, HM Rudi dalam siaran pers yang diterima Batamnews, Selasa (5/5/2020). 

Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, saat ini tim surveilans sedang melakukan proses penelusuran kontak dekat terhadap semua orang yang ditengarai berkontak dengan pasien nomor 35 ini. 

“Terutama di sekitar tempat tinggal dan lokasi aktivitas yang bersangkutan,” katanya. 

Atas kasus baru ini, Rudi mengingatkan agar seluruh masyarakat tetap mengikuti anjuran pemerintah. Sesuai dengan protokol kesehatan, yaitu menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. 

“Tetap di rumah saja dan jika terpaksa harus keluar rumah gunakan masker serta selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan seimbang dan berolahraga secara teratur dan istirahat yang cukup,” kata Rudi. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi menambahkan saat terinfeksi, pasien 35 masih sempat melaksanakan salat tarawih berjamaah dan bagi-bagi sembako.

“Masih banyak masyarakat yang tidak ikut imbauan pemerintah,” kata Didi. 

 

(ret)