Didominasi Pekerja Asing, Covid-19 di Singapura Tembus 18 Ribu Kasus

Didominasi Pekerja Asing, Covid-19 di Singapura Tembus 18 Ribu Kasus

Ilustrasi.

Singapura - Singapura melaporkan 573 kasus Covid-19 baru pada Senin (4/5/2020)), menjadikan total kasus Corona di negara itu menjadi 18.778.

Mayoritas kasus baru adalah pemegang izin kerja yang tinggal di asrama pekerja asing, Kementerian Kesehatan (Depkes) mengatakan dalam pembaruan harian tentang angka sementara.

Kementerian mengatakan dalam pembaruan lain pada Senin malam bahwa tiga kasus baru berasal dari sektor kesehatan publik, termasuk sukarelawan perawatan kesehatan di Singapore Expo dan seorang dokter di Rumah Sakit Umum Changi (CGH).

Dari kasus baru yang dilaporkan pada hari Senin, 560 pasien adalah pemegang izin kerja yang tinggal di asrama, delapan adalah pemegang izin kerja yang tinggal di luar asrama, dan lima adalah warga Singapura atau penduduk tetap.

"Jumlah kasus baru di masyarakat telah menurun, dari rata-rata 20 kasus per hari pada minggu sebelumnya, menjadi rata-rata sembilan per hari dalam seminggu terakhir," kata Kementerian Kesehatan dilansir Channel News Asia.

"Jumlah kasus yang tidak terkait di masyarakat juga telah menurun, dari rata-rata 12 kasus per hari di minggu sebelumnya, menjadi rata-rata empat per hari dalam seminggu terakhir," kata kementerian.

Menteri Kesehatan Gan Kim Yong mengatakan bahwa pada tanggal 26 April, telah ada 66 kasus infeksi Covid-19 yang dikonfirmasi di antara petugas layanan kesehatan dan staf pendukung.

"Berdasarkan investigasi sejauh ini, tidak ada hubungan epidemiologis yang stabil yang menunjukkan bahwa petugas kesehatan terinfeksi dalam menjalankan tugas," kata Gan. 

"Namun, ada satu kasus di lembaga kesehatan swasta di mana kami tidak dapat mengabaikan hubungan yang mungkin antara dokter dan pasien COVID-19," pungkasnya.

(gea)