Pandemi Corona `Bungkam` Peringatan May Day di Batam

Pandemi Corona `Bungkam` Peringatan May Day di Batam

Ilustrasi.

Batam - Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Batam, Kepulauan Riau pada 1 Mei 2020 dipastikan sepi dari hingar bingar orasi buruh. Pandemi corona yang `membungkam` aksi yang biasanya ramai setiap tahun.

Ketua Konsulat Cabang FSPMI Batam Alfitoni mengatakan, pada May Day tahun ini akan berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya. 

"Untuk puncak May Day dari tanggal 1 sampai dengan tanggal 3 Mei kita akan salurkan sekitar 800 paket sembako ke teman-teman anggota yang terdampak ekonominya karena Covid-19 ini. Kami juga berencana akan membagikan masker dan hand sanitizer,” ujar Alfitoni, Rabu (29/4/2020).

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPC F -Lomenik SBSI Batam, Zulkifli. Pihaknya tidak akan melakukan aksi pada saat perayaan May Day.

"Insyaallah tidak ada untuk penyuarakan aspirasi di Pemko Batam dan DPRD Batam," ucapnya.

Rencananya, pihaknya juga akan melakukan kegiatan sosial kepada para anggota yang terdampak pandemi Covid-19 ini.

Sementara, Ketua SPSI Kota Batam Saipul Badri juga sependapat dengan serikat kerja lainnya, yang juga berencana akan melakukan gerakan lain pada peringatan May Day nantinya.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan serikat kerja lainnya, dan rencananya juga akan membagi-bagikan sembako bagi yang terdampak,” katanya.

Terutama bagi pekerja-pekerja yang menurut Saipul adalah pekerja yang paling terkena dampak dari wabah ini, seperti pekerja yang kerja di mall dan toko-toko lainnya.

“Untuk anggota juga kami akan berikan,” ujar Saipul.

(ude)