IBI Lingga Berikan Ratusan APD untuk Bidan Desa, Puskesmas hingga RSUD Lawan Corona

IBI Cabang Kabupaten Lingga saat menyerahkan bantuan APD ke RSUD Dabo Singkep, Selasa (21/4/2020) (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, memberikan bantuan berupa 110 Alat Pelindung Diri (APD) untuk bidan di desa (Polindes), Puskesmas serta RSUD yang ada di Negeri Bunda Tanah Melayu, Selasa (21/4/2020).

Ketua IBI Kabupaten Lingga, Susi Yenty mengatakan, bantuan ini diberikan sebagai salah satu bentuk dukungan pada seluruh bidan yang berada di Kabupaten Lingga dalam menjalankan tugas mulia saat pandemi Covid-19.

"Bantuan APD untuk bidan di desa (Polindes) dan Puskesmas kami serahkan melalui Dinas Kesehatan, dan untuk RSUD Dabo langsung kami serahkan. Kalau RSUD Encek Mariyam kami serahkan besok," kata Susi kepada Batamnews, Selasa (21/4/2020).

IDI Cabang Kabupaten Lingga menyerahkan APD ke Dinkes Lingga untuk diserahkan ke bidan desa (Polindes) dan Puskesmas (Foto:ist/Batamnews)

Susi menjelaskan, IBI merupakan organisasi profesi bidan yang sangat peduli dan membantu pemerintah dalam upaya penanganan Covid-19. Beliau juga mengatakan, bidan sangat rentan tertular virus Corona.

"Bidan ini bersentuhan langsung dengan pasien, baik dalam  melakukan pemeriksaan kehamilan, pertolongan persalinan, pelayanan KB dan pelayanan kesehatan lainnya. Sehingga membutuhkan APD dalam menjalankan tugas baik di desa (Polindes), Puskesmas dan RSUD," ujarnya.

Dengan demikian, ia mengimbau agar seluruh bidan di Kabupaten Lingga untuk menjaga kondisi tubuh, selalu mewaspadai dan antisipasi potensi penyebaran Covid-19 dengan selalu menggunakan APD lengkap saat menjalankan tugas serta berkoordinasi dengan organisasi profesi.

"APD ini kami beli menggunakan uang kas IBI Cabang Kabupaten Lingga. Kami harap semoga bantuan ini bisa digunakan sebaik-baiknya," pungkas Susi.

(ruz)