Total 28 Kru KM Kelud Positif Corona di RS Galang, Tak Masuk Data Pasien Batam

Total 28 Kru KM Kelud Positif Corona di RS Galang, Tak Masuk Data Pasien Batam

KM Kelud saat sandar di Batam (Foto: Batamnews)

Batam - Jumlah kru KM Kelud, kapal penumpang, yang positif terinfeksi virus corona mencapai 34 orang. Hasil itu berdasarkan pemeriksaan swab di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Batam.

KM Kelud itu sempat sandar di Batam. Ada sekitar 39 kru kapal yang untuk sementara dikarantina di RS Khusus Corona di Pulau Galang, Batam. Total saat ini yang positif Covid-19 mencapai 28 orang berdasarkan pemeriksaan PCR.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi menuturkan, setelah sebelumnya ada 14 kru yang positif, kali ini ada 14 orang lainnya yang dinyatakan positif, dan sisanya ada 4 orang dinyatakan negatif. 

“Para kru kapal ini tidak masuk data kasus Batam, dan disepakati masuk data Jakarta,” ujar Didi, Sabtu (18/4/2020). 

Sebelumnya hasil swab kru kapal juga telah diperoleh, dari 15 sampel swab, 14 diantaranya terkonfirmasi positif, dan sisanya dinyatakan negatif. 

Berdasarkan hal tersebut, masih ada hasil  swab kru kapal yang belum diperoleh. Karena saat berlabuh ke Batam, Minggu (12/4/2020). Sebanyak 40 kru kapal dibawah ke Rumah Sakit (RS) Infeksi di Galang. Hal tersebut dikarenakan, salah seorang kru kapal menunjukkan gejala Covid-19. 

Dan setelah dilakukan Rapid Diagnostic Test (RDT) terhadap 94 orang kru kapal. Sebanyak 40 orang menujukkan hasil reaktif. Dan 40 orang tersebut dikarantina di RS Galang. 

“Sisa hasil sampel swab kru kapal masih menunggu,” kata Didi. 

Sedangkan untuk para penumpang kapal, Didi mengatakan bahwa tim berhasil melakukan penelurusuran. Tercatat ada 38 orang penumpang yang turun di Batam. 

“Tim sudah telusuri, bahkan sudah dilakukan RDT kepada seluruh orang-orang tersebut, dan hasilnya sembuanya menunjukkan non reaktif,” ucap Didi. 

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews