Hasil Swab ABK KM Kelud, 14 Orang Dinyatakan Positif Corona

Hasil Swab ABK KM Kelud, 14 Orang Dinyatakan Positif Corona

KM Kelud sandar di Batam, Minggu (12/4/2020). (Foto: CCTV pelabuhan)

Batam - Hasil tes swab terhadap 22 ABK KM Kelud sudah diketahui. Dari 22 sampel, 14 orang dinyatakan positif Covid-19 dan sisanya ada 4 orang dinyatakan negatif. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Batam, Didi Kusmarjadi menyampaikan hasil swab yang diperoleh dari Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Batam.

Didi menyebutkan untuk hasil swab tambahan, dari 22 sampel, 14 orang dinyatakan positif dan sisanya ada 4 orang dinyatakan negatif. 

“Para kru kapal ini tidak masuk data kasus Batam, dan disepakati masuk data Jakarta,” ujar Didi, Sabtu (18/4/2020). 

Sebelumnya hasil swab kru kapal juga telah diperoleh, dari 15 sampel swab, 14 diantaranya terkonfirmasi positif, dan sisanya dinyatakan negatif. 

Berdasarkan hal tersebut, masih ada hasil swab kru kapal yang belum diperoleh. Karena saat berlabuh ke Batam, Minggu (12/4/2020). 

Sebanyak 40 kru kapal dibawa ke Rumah Sakit (RS) Infeksi di Galang. Hal tersebut dikarenakan, salah seorang kru kapal menunjukkan gejala Covid-19. 

Setelah dilakukan Rapid Diagnostic Test (RDT) terhadap 94 orang kru kapal. Sebanyak 40 orang menujukkan hasil reaktif dan 40 orang tersebut dikarantina di RS Galang. 

“Sisa hasil sampel swab kru kapal masih menunggu,” kata Didi. 

Sedangkan untuk para penumpang kapal, Didi mengatakan bahwa tim berhasil melakukan penelurusuran. Tercatat ada 38 orang penumpang yang turun di Batam. 

“Tim sudah telusuri, bahkan sudah dilakukan RDT kepada seluruh orang-orang tersebut, dan hasilnya sembuanya menunjukkan non reaktif,” ucap Didi. 

(ret)