Hanya Satu Kru KM Bukit Raya yang Diambil Sampel Swab

Hanya Satu Kru KM Bukit Raya yang Diambil Sampel Swab

KM Bukit Raya.

Bintan - Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) mendapati hanya 1 kru kapal KM Bukit Raya yang diambil sampel swab-nya untuk dilakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Dia adalah pria berusia 54 tahun asal Jakarta.

Kepala KSOP Kijang, Aan Anwar mengatakan KM Bukit Raya ini memiliki 65 kru dan nakhodanya. Namun hanya satu yang dicek kesehatannya dan diambil sampel swab untuk dites dengan PCR di Batam.

"Hanya 1 yang dilaporkan sakit sehingga tidak dicek dengan rapid test melainkan langsung diambil swab-nya untuk PCR sedangkan 64 kru dan nakhoda tidak diperiksa baik secara rapid test maupun PCR," ujar Aan, kemarin.

Kapal yang dikelola PT Pelni ini berlayar dari Jakarta ke Bintan. Dalam perjalanan seorang kru berusia 54 tahun itu sudah mengalami sakit dengan gejala menyerupai Coronavirus Disease (Covid-19).

Ketika tiba di Pelabuhan Sri Bayintan, Kijang, Kabupaten Bintan, Sabtu (11/4/2020) yang bersangkutan langsung ditangani oleh tenaga medis. Lalu dibawa ke RSUD Bintan untuk diobservasi.

"Pas kapal itu bersandar hanya 4 penumpang yang turun. Tapi dikarantina atau tidak penumpang itu kami tak tahu," jelasnya.

Baca: Alami Gejala Covid-19, Kru KM Bukit Raya Diobservasi di Rumah Sakit

KM Bukit Raya ini berencana mengangkut 279 penumpang dengan tujuan pulau-pulau di Provinsi Kepri sampai dengan Kalimantan. Hanya saja ada dua wilayah yang tak bisa disinggahi yaitu Letung dan Tarempa di Kabupaten Anambas.

"Letung dan Tarempa sementara gak disinggahi itu atas permintaan Pak Bupati Anambas langsung," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews