Pemkab Beri Beasiswa Kedokteran untuk 3 Anak Lingga, Ini Syaratnya

Pemkab Beri Beasiswa Kedokteran untuk 3 Anak Lingga, Ini Syaratnya

Kabid Pelayanan dan SDK, drg Siti Nafiah (Kiri) bersama dokter kontrak Puskesmas Benan (Foto:ist)

Lingga - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DKPPKB), memberikan beasiswa untuk tiga orang putra/putri Kabupaten Lingga lulusan SMA sederajat jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) tahun pelajaran 2019/2020 untuk melanjutkan pendidikan dokter di Universitas Batam (Uniba).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala DKPPKB Lingga, Syamsudi melalui Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Kesehatan dan SDK, drg Siti Nafiah mengatakan, kesempatan tersebut terbuka untuk pelajar yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti seleksi di Fakultas Kedokteran (FK) Uniba.

"Bagi peserta yang lulus seleksi dari FK Uniba dengan peringkat 1,2 dan 3 maka berhak mendapatkan bantuan beasiswa sebagaimana yang tertera pada pengumuman yang kami keluarkan," ujar Nafiah kepada Batamnews, Selasa (24/3/2020)

Wanita yang akrab disapa Utit ini melanjutkan, beasiswa kedokteran ini diberikan karena hingga saat ini profesi dokter umum merupakan salah satu profesi yang masih langka di Kabupaten Lingga, selain profesi dokter gigi, apoteker dan dokter spesialis.

"Strategi ini diambil untuk pemenuhan rencana jangka panjang agar Kabupaten Lingga tidak bergantung kepada dokter dengan perjanjian kerjasama lagi. Semoga dengan strategi ini Kabupaten Lingga juga mampu memiliki profesi-profesi yang saat ini langka," ujarnya.

Dengan demikian, Utit berharap kedepannya profesi yang langka tersebut dapat terpenuhi oleh putra-putri daerah. "Sehingga keinginan untuk membangun daerah sendiri lebih besar motivasinya," pungkas Utit.

Berikut isi pengumuman yang dikeluarkan DKPPKB Lingga terkait beasiswa kedokteran untuk tiga orang putra/putri Lingga.

Bagi siswa-siswi SLTA sederajat lulusan IPA tahun ajaran 2019/2020 di Kabupaten Lingga yang berminat melanjutkan pendidikan ke Fakultas Kedokteran Uniba agar dapat mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa/mahasiswi baru Fakultas Kedokteran Uniba tahun akademik 2020/2021, dengan ujian tertulis yang akan dilaksanakan pada Jumat (17/4/2020), pukul 09.00 WIB-selesai di Kampus Fakultas Kedokteran Uniba, Batam Center.

Persyaratan untuk mengikuti seleksi sebagai berikut:

1. Peserta berasal dari Kabupaten Lingga lulusan SLTA tahun ajaran 2019/2020
2. Fotocopy ijazah SMA jurusan IPA yang sudah dilegalisir atau surat keterangan lulus sementara (asli)
3. Pas foto terbaru berlatar merah ukuran 3x4 dan 4x6 masing-masing 3 lembar
4. Surat keterangan sehat dan surat keterangan tidak buta warna dari rumah sakit, puskesmas, atau dari praktik dokter yang punya izin praktek

Adapun siswa/siswi yang lulus seleksi dengan tiga peringkat terbaik akan mendapatkan bantuan beasiswa berupa:

1. Biaya kuliah dari semester I s/d semester VII
2. Biaya asrama semester I dan semester II
3. Biaya pemondokan untuk tahun kedua hingga tahun kelima
4. Biaya profesi dokter (Coas) selama dua tahun

Untuk informasi lebih lanjut bisa menguhungi:
1. Al Husada Jufri, Amd. Fis (085272310100/081364701986)
2. Dwi Septiani, SE (081364928108)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews