KPU Lingga Tunda Pelantikan PPS Pilkada 2020 Gegara Covid-19

KPU Lingga Tunda Pelantikan PPS Pilkada 2020 Gegara Covid-19

Ketua KPU Lingga, Juliati (Foto:ist)

Lingga - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, resmi menunda pelaksanaan pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pilkada 2020, yang seharusnya digelar Minggu (23/3/2020) kemarin.

Penundaan ini dilakukan sesuai surat keputusan KPU RI Nomor: 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020 tentang penundaan tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, dan/atau wali kota dan wakil wali kota tahun 2020 dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Adapun tahapan Pilkada yang kita tunda sesuai petunjuk KPU RI yakni, pelantikan PPS, penundaan pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP), serta pelaksanaan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih," ucap Ketua KPU Lingga, Juliati kepada Batamnews, Minggu (22/3/2020).

Akibat dari penundaan tersebut, KPU Lingga juga bakal segera menerbitkan keputusan penundaan tahapan pemilihan serentak di Kabupaten Lingga secara resmi setelah bekoordinasi dengan para pemangku kepentingan.

"Anggota PPS Pilkada Lingga yang rencananya bakal dilantik itu ada 246 orang. Itu tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Lingga," ujar Juliati.

Sebagaimana diketahui, sebelum dilakukan penundaan terhadap pelantikan PPS tersebut, KPU Lingga telah menetapkan beberapa lokasi pelantikan. Diantaranya yakni, untuk PPS di Kecamatan Singkep dilakukan di Gedung Sapta Pesona Kelurahan Dabo. Kemudian Lingga Utara di Aula Kantor Camat Lingga Utara.

Kepulauan Posek di Balai Desa Pulau Mas, Bakung Serumpun di SMAN 3 Rejai, Temiang Pesisir di Gedung Jahit Desa Tajur Biru. Kemudian untuk Kecamatan Lingga dan Lingga Timur di Aula SMAN 1 Lingga. Singkep Pesisir dan Selayar di Balai Desa Jenang Amanah Desa Kote.

Selanjutnya untuk pelantikan PPS di Singkep Barat dan Singkep Selatan digelar di Aula Desa Kuala Raya. Senayang di Kantor Sekretariat PKK senayang, dan terakhir PPS di Kecamatan Katang Bidare digelar di Aula Desa Benan.

(ruz)
Komentar Via Facebook :

Berita Terkait