Sejumlah Tahapan Pilkada 2020 Ditunda, Bawaslu Lingga: Mari Jaga Kesehatan

Sejumlah Tahapan Pilkada 2020 Ditunda, Bawaslu Lingga: Mari Jaga Kesehatan

Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni (Foto:ist)

Lingga - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menunda sejumlah tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Salah satunya yakni pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Penundaan sebagaimana keputusan KPU RI tersebut juga dilakukan KPU Lingga. Pelantikan sebanyak 246 PPS se-Kabupaten Lingga yang harusnya digelar Minggu (22/3/2020) kemarin, resmi ditunda.

Langkah itu pun diapresiasi Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni. Kata dia, penundaan yang dilakukan KPU Lingga tersebut sudah sesuai Keputusan KPU RI Nomor: 179/PL.02-Kpt/01/KPU/III/2020.

"Saya rasa itu selaras dengan asas `Salus Populi Suprema Lex Esto` yang artinya adalah keselamatan rakyat merupakan hukum tertinggi, terkait merebaknya virus corona (Covid-19)," ucap Zamroni kepada Batamnews, Senin (23/3/2020).

Kata dia, pihaknya pun mendukung penundaan tersebut. Ia pun meminta agar baik penyelenggara pemilu maupun masyarakat selalu menjaga kesehatan.

"Untuk saat ini kita ikuti instruksi dari KPU dan Bawaslu RI terkait arahan berikutnya. Dan yang pasti tetap harus jaga kesehatan sesuai arahan Menteri Kesehatan," pungkasnya.

Baca: KPU Lingga Tunda Pelantikan PPS Pilkada 2020 Gegara Covid-19

(ruz)
Komentar Via Facebook :