Bupati Apri Ingin Generasi Milenial Bintan Tekuni Pertanian

Bupati Apri Ingin Generasi Milenial Bintan Tekuni Pertanian

Bupati Bintan, Apri Sujadi melakukan panen raya bersama Kelompok Tani (Poktan) Maju Jaya di Kampung Sinjang, Kecamatan Toapaya, Selasa (11/3/2020). (Foto: Ary/Batamnews)

Bintan -  Bupati Bintan, Apri Sujadi melakukan panen raya bersama Kelompok Tani (Poktan) Maju Jaya di Kampung Sinjang, Kecamatan Toapaya, Selasa (11/3/2020). Hasil pertanian yang dipanen adalah berbagai jenis sayuran.

Apri mengatakan Kelompok Petani Maju Jaya menjadi pemasok terbesar kebutuhan sayur di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan. Mereka mampu memanen dan mendistribusikan sayur-sayuran itu ke pasaran setiap harinya.

"Kelompok tani ini mampu memanen 120 Kg buncis per harinya. Ini suatu hal yang sangat potensial jika dikelola dengan pengolahan lahan yang tepat," ujar Apri, Rabu (11/3/2020).

Melihat pertanian menjadi salah satu potensi unggul, maka Pemkab Bintan terus berupaya menjadi penopang segala kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi petani.

Setiap tahun, kata Apri, pihaknya memberikan berbagai bantuan pertanian untuk para kelompok tani. Seperti traktor roda empat, cultivator , pupuk organik/anorganik, bantuan Irigasi air tanah dangkal, bibit tanaman serta kebutuhan petani lainnya.

"Tahun ini kita juga akan berikan bantuan. Kita harapkan bantuan itu harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin," jelasnya.

Ke depannya dia ingin mengubah pola pikir tentang profesi sebagai petani. Biasanya petani identik dengan pekerjaan bercocok tanam yang dilakukan orangtua. Namun mulai sekarang akan dikembangkan petani milenial.

Sebab sudah ada beberapa anak muda yang menekuni bertani. Mereka tidak main-main bahkan segala jenis pertanian dikelola di atas lahan yang cukup luas sehingga meraih omset yang cukup luar biasa.

"Pertanian merupakan usaha yang menjanjikan jika pengelolaannya serius. Maka kita kembangkan adalah petani milenial dimana generasi muda tekun di bidang pertanian dengan pengelolaan dan pemasaran yang terkelola dengan baik," katanya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews