Mandiri Bintan Marathon 2020 Digelar Juli, Target Libatkan 5.000 Peserta

Mandiri Bintan Marathon 2020 Digelar Juli, Target Libatkan 5.000 Peserta

Peluncuran (Launching) Mandiri Bintan Marathon 2020 di Area Lagoi Bay (Foto:Ary/Batamnews)

Bintan - Mandiri Bintan Marathon akan digelar 4-5 Juli mendatang di Area Lagoi Bay, Kawasan Pariwisata Lagoi, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Event yang digelar ke-3 kalinya ini ditargetkan diikuti 5.000 peserta, 70 persen diantaranya peserta lokal dan sisanya dari luar negeri.

Ajang lomba lari ini digawangi oleh PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) dengan sponsor utamanya Bank Mandiri. Perusahaan yang mengelola kawasan pariwisata terpadu di Kepri ini menggandeng Medianusa Permana dan Orange Room agar lomba lari berhadiah miliaran rupiah itu berjalan aman dan lancar.

Group General Manager (GGM) PT BRC, Abdul Wahab mengatakan, meskipun Covid-19 (Virus Corona) sedang melanda dunia termasuk Indonesia, event ini akan tetap dilaksanakan. Sebab kompetisi bagi pecinta marathon dan olahraga lari ini telah menjadi event tahunan di Kepri.

“Event ini akan tetap dilangsungkan tanpa harus menyurutkan semangat di tengah merebaknya Covid-19. Tentunya pihak panitia tidak luput untuk tetap meninjau situasi virus tersebut,” ujar Wahab di acara Peluncuran Mandiri Bintan Marathon 2020 di Area Lagoi Bay, Selasa (10/3/2020).

Segala tindakan pencegahan dan prosedur telah dilakukan Bintan Resort sejak merebaknya Covid-19. Hal ini akan terus dilakukan, bahkan bukan hanya untuk Mandiri Bintan Marathon melainkan event lainnya seperti Toure de Bintan yang dilaksanakan 27-29 Maret ini.

“Kami akan lakukan semua pencegahan sebaik mungkin dan teliti. Bahkan kami menjamin keselamatan dan kesehatan semua peserta, pendukung maupun pengunjung yang bakal meramaikan kegiatan ini nantinya,” jelasnya.

Ketua Penyelenggara Mandiri Bintan Marathon, Prakash Nair mengatakan, ada beberapa kategori yang diperlombakan dalam event ini. Antara lain lomba lari dengan jarak sejauh 42,195 Km (Full Marathon), lomba lari sejauh 21 Km (Half Marathon), dan lomba lari sejauh 10 Km (10 Km Run).

“Mandiri Bintan Marathon tahun ini sedikit beda. Karena ada tambahan kategori yang dikhususkan bagi anak-anak yaitu dengan jarak 1,2 Km dan 3 Km,” sebutnya.

Event ini dijamin meriah dan berkesan sebab dilaksanakan di kawasan resort yang ramah lingkungan dan alam yang hijau serta tertata rapi. Lalu jauh dari polusi ditambah dengan keindahan resort yang dikelingi pantai yang bersih dan indah.

Ajang selama 2 hari itu juga akan seru karena dapat menjalin kekompakan keluarga dengan berbagai aktifitas seperti lari, kemeriahan bazar makanan, sekaligus rekreasi dimana kegiatan ini bersamaan juga dengan libur sekolah di Indonesia.

“Jadi cocok juga untuk pelari pemula termasuk anak-anak. Tentunya ini sejalan dengan visi dari Bank Mandiri dan pihak penyelenggara yaitu mengajak serta mengimbau masyarakat di berbagai kalangan untuk aktif berolahraga lari dari sejak usia muda,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bintan, Wan Rudi Iskandar mengatakan, Pemkab Bintan sangat mendukung terlaksananya event ini. Karena event ini juga mengikutsertakan para penyandang cacat untuk dapat ikut dalam kegiatan dua hari tersebut.

“Kegiatan lari yang lebih bersifat fun bagi peserta usia anak. Bahkan penyandang cacat juga bisa ikut,” ucapnya.

Secara perkiraan, event ini akan dihadiri 10.000 orang. Jumlah itu berasal dari atlit atau peserta, keluarga peserta, pendukung dan pengunjung. “Tingkat hunian di Lagoi pastinya akan meningkat sehingga sektor pariwisata yang lesu karena Covid-19 akan kembali membaik,” tambahnya.

Dalam acara ini pihak penyelenggara menghadirkan komunitas lari dari Kota Batam dan Tanjung Pinang agar terlibat langsung dalam peluncuran Mandiri Bintan Marathon 2020 ini.

Mereka mendapatkan kesempatan untuk meninjau langsung spot lari yang nantinya akan dilewati dan juga bertemu langsung KOL pelari kenamaan Indonesia, Jauhari Johan yang telah banyak mengukir banyak prestasi di cabang lari baik tingkat nasional serta internasional. Bahkan yang memboyong sebuah medali emas pada ajang SEA GAMES 2019 yang lalu bagi negara Indonesia.

Selain itu, komunitas juga berkesempatan bertemu dengan sepasang team suami istri bernama Arthur Tong dan Elaine yang berkebangsaan Singapura dan Canada. Keduanya sangat aktif pada kegiatan olahraga dan memiliki sebuah pusat pelatihan olahraga Elevate Performance di Singapura.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews