5 Fakta Pulau Senayang, Tuan Rumah Perhelatan MTQ VIII Kabupaten Lingga

5 Fakta Pulau Senayang, Tuan Rumah Perhelatan MTQ VIII Kabupaten Lingga

Kelurahan Senayang, Lingga dilihat dari atas (foto : istimewa)

Lingga - Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) VIII tingkat Kabupaten Lingga di Kelurahan Senayang, Kecamatan Senayang, resmi digelar. Event dua tahunan tersebut akan berlangsung selama sepekan mulai 1-8 Maret 2020.

Seluruh kafilah dan official dari 13 kecamatan se-Kabupaten Lingga sudah pun berada di kota kecil tersebut. Pelaksanaan pawai ta'aruf pun berlangsung sukses, Senin (2/3/2020) dengan diikuti ribuan peserta.

Namun tahukah Anda, ada beberapa fakta menarik yang berhasil dirangkum Batamnews tentang Kelurahan Senayang. Berikut 5 faktanya.

1. Baru dua kali jadi tuan rumah MTQ tingkat Kabupaten Lingga

Kelurahan Senayang, Kecamatan Senayang, ternyata baru dua kali menjadi tuan rumah perhelatan MTQ tingkat Kabupaten Lingga. Hal itu disampaikan langsung Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) di Setretariat Daerah (Setda) Lingga, Jaya Atmajaria.

"Lebih kurang 9 tahun Kecamatan Senayang menunggu untuk menjadi tuan rumah, setelah tahun 2010 menjadi tuan rumah MTQ Kabupaten Lingga," kata Jaya kepada Batamnews, kemarin.

2. Jalanan di Senayang penuh warna

Jalanan di Kelurahan Senayang, kini penuh warna. Para pemuda-pemudi setempat menghiasi jalanan di perkampungan tersebut hingga lebih indah. Bahkan di ruas jalan juga dipasang umbul-umbul.

Sebagaimana diketahui, warna-warni jalanan di Senayang sebagai bentuk antusiasme masyarakat setempat menyambut event dua tahunan tersebut. Warga melakukannya dengan semangat gotong royong dari siang hingga malam hari.

Baca: Warna-warni Senayang Sambut MTQ VIII Kabupaten Lingga

3. Memiliki beberapa tempat wisata

Kelurahan Senayang juga memiliki beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh para tamu dari luar kecamatan seperti peserta, official bahkan dewan hakim sekalipun. Beberapa tempat wisata itu mudah dijangkau, bahkan bisa hanya dengan berjalan kaki.

Tempat-tempat wisata tersebut yakni Pantai Belakang Senayang, Bukit Air PDAM, serta Pantai Air Jelel di depan Pulau Senayang.

Baca: Sederet Tempat Wisata di Senayang yang Bisa Dikunjungi Saat MTQ Lingga

4. Baru dialiri listrik PLN 24 jam akhir tahun 2019

Kelurahan Senayang ternyata baru dialiri listrik selama 24 jam nonstop pada akhir tahun 2019 lalu. Tepatnya pada Kamis (14/11/2019). Sebelumnya, listrik di Senayang hanya aktif pada malam hari, sedangkan di siang hari nya, listrik tersebut mati.

Sebelum pengaktifan listrik 24 jam ini resmi dilakukan, pihak PLN terlebih dahulu melakukan uji coba selama tiga hari pada 21-23 Oktober 2019. Kala itu, Antusias warga begitu tinggi untuk merasakan perubahan besar tersebut.

Baca: Listrik 24 Jam Aktif di Kota Kecil Senayang Mulai Hari Ini

5. Bisa dikunjungi dengan kendaraan bermotor dari ibu kota Kabupaten Lingga

Bepergian ke Pulau Senayang kini lebih mudah. Selain menggunakan kapal feri, kini bagi warga yang ingin ke Senayang bisa langsung membawa kendaraan bermotor dari Ibu Kota Kabupaten Lingga, Daik, menggunakan kapal roro mini bermesin mithsubisi.

Kapal roro mini ini melayani rute Senayang-Tanjung Awak, Desa Sekanah Kecamatan Lingga Utara. Dalam sehari, kapal ini melayani dua trip. Tarifnya pun sangat terjangkau, cukup Rp 50 ribu, warga sudah bisa membawa kendaraan bermotor.

Baca: Ke Senayang Lebih Mudah, Cukup Rp 50 Ribu Bisa Bawa Motor dari Lingga

Itu lah 5 fakta Kelurahan Senayang, tuan rumah MTQ tingkat Kabupaten Lingga tahun 2020, yang berhasil dirangkum Batamnews.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews