Setoran Harian dan Sopir Serep Picu Bimbar Ugal-ugalan di Jalan

Setoran Harian dan Sopir Serep Picu Bimbar Ugal-ugalan di Jalan

Bimbar yang kecelakaan di tanjakan Bukit Daeng Tembesi pada tahun 2018. (Foto: Ist)

Batam - Setoran harian dari pengemudi ke pemilik kendaraan angkutan umum Bimbar ditengarai menjadi pemicu munculnya sopir serep moda transportasi umum di Batam ini.

Hal ini terkuak dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) membahas angkutan trayek jenis Bimbar. Diketahui, pengemudi wajib menyetor Rp 150 ribu kepada pemilik kendaraan setiap hari.

Zaenudin, perwakilan dari PT Bintang Anugerah Pelangi, perusahaan yang menaungi 72 kendaraan Bimbar menyebut setoran rata-rata Rp 150 ribu dinilai cukup murah.

Menurutnya biaya setoran itu diserahkan kepada pemilik kendaraan sudah mencakup segala hal, termasuk perawatan. Sehingga jika terjadi kerusakan, maka pemilik kendaraan yang bertanggungjawab. 

“Makanya sudah termasuk murah, karena sudah termasuk semuanya,” kata Zaenudin di DPRD Kota Batam, Selasa (18/2/2020). 

Pernyataan itu menuai komentar Anggota Komisi III DPRD Kota Batam, Tumbur Hutasoit. Dia menilai jumlah setoran yang kecil tersebut akan berimbas kepada para sopir. 

"Yang saya tahu, sopir-sopir Bimbar ini tidak hanya satu orang saja memegang kendaraan. Sebagian besar ada sopir serepnya, bisa dua atau lebih dari itu,” ujar Tumbur. 

Jika sampai ada sopir serep atau pengganti, maka otomatis sopir utama menargetkan setoran lebih banyak dari pemilik kendaraan. 

Ia mencontohkan, jika pemilik kendaraan menargetkan Rp 150 ribu, maka sopir utama menargetkan setoran sebesar Rp 250 ribu. 

“Dan itu berlaku seterusnya, apalagi kalau ada sopir kedua dan ketiga, makanya mereka (sopir-red) akan berebut di jalan untuk kejar setoran,” jelas Tumbur. 

Oleh karena itu dewan merekomendasikan agar setiap kendaraan hanya boleh dipegang dua sopir saja, tidak boleh lebih dari itu karena persoalan tanggungjawab. 

“Semakin banyak sopir serep, sulit akan menentukan siapa yang bertanggungjawab,” ucap Tumbur.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews