Pemkab Karimun Gesa Pembebasan Lahan Perpanjang Runway Bandara RHA

Pemkab Karimun Gesa Pembebasan Lahan Perpanjang Runway Bandara RHA

Bupati Karimun, Aunur Rafiq meninjau maket perpanjangan bandara RHA usai rapat dengan stakeholder terkait, Rabu (5/5/2020). (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun - Runway Bandara Raja Haji Abdullah (RHA), Kabupaten Karimun akan diperpanjang hingga 2 Km (2.000 meter). Saat ini Pemkab Karimun sedang merampungkan pembebasan lahan.

Runway bandara tersebut sebelumnya hanya memiliki panjang 1,4 Km. Untuk bagian darat dibutuhkan lahan seluas 500x150 meter. Penambahan akan dilakukan di laut dengan panjang 200 meter dan di bagian darat sepanjang 400 meter. Jika rampung, RHA bisa didarati pesawat jenis Boeing 737.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyebut keseluruhan pengerjaan ditargetkan selesai tahun 2021, sejalan dengan proyek Pelabuhan Kargo Malarco.

"Seperti yang disampaikan bapak menteri (Budi Karya), jika selesai maka peresmian akan dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo," ujar Rafiq dalam rapat bersama dengan Badan Pertanahan Nasional di Bandara RHA, Rabu (5/2/2020).

Rapat ini turut dihadiri Komisi III DPRD Kabupaten Karimun, manajemen Bandara RHA, Badan Pertanahan Nasional (BPN), Danramil Tebing, Kapolsek Tebing, Camat, Sekda Kabupaten Karimun dan Kepala OPD terkait.

"Yang masih proses, izin lingkungan dan AMDAL-nya, itu pengurusan di provinsi. Mulai besok hingga Senin pengurusannya. Saya minta penanggung jawabnya asisten dua, Dinas Lingkungan Hidup, lurah, camat dan forum pimpinan kecamatan," kata Rafiq.

Rapat ini dilakasanakan menindaklanjuti kunjungan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi beberapa waktu lalu.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews