KPU Batam Temukan Calon PPK Banyak Anggota Parpol

KPU Batam Temukan Calon PPK Banyak Anggota Parpol

Kantor KPU Batam.

Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam menetapkan sebanyak 116 calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) lulus seleksi tes tertulis.

Untuk pemilihan kepala daerah serentak Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Walikota dan Wakil Walikota Batam 2020.

KPU Kota Batam resmi mengumumkan nama-nama peserta yang lolos ke tahapan wawancara ini tepat pukul 00.01 WIB (3/2/2020). 

Anggota KPU Kota Batam, William Seipattiratu mengatakan 116 calon PPK yang lolos tes tertulis akan mengikuti tahapan wawancara. 

“Mereka akan tes wawancara yang akan digelar tanggal 8-10 Februari nanti,” ujar William, Senin (3/2/2020). 

Sebelumnya sudah ada 208 calon anggota PPK yang lolos seleksi administrasi, namun hanya 184 orang yang ikut seleksi tes tertulis pada Jumat (31/1/2020) lalu di kampus Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batam. 

Secara aturan, Willi menyebutkan KPU Batam bisa saja meloloskan paling banyak 120 orang untuk mengisi 10 besar di 12 kecamatan.

Akan tetapi, dalam seleksi tes tertulis serta penelusuran rekam jejak, ternyata banyak peserta yang terindikasi menjadi anggota partai politik. 

“Indikasi ini terekam dalam jejak data sistem informasi partai politik (SIPOL) milik KPU. Bahkan ada satu nama yang menjadi anggota di lebih dari satu partai politik,” jelasnya. 

Padahal salah satu syarat untuk menjadi penyelenggara pemilu termasuk PPK, PPS dan KPPS yakni tidak menjadi pengurus atau anggota partai politik lima tahun terakhir. 

Selain data SIPOL, beberapa peserta juga sudah dua periode menjadi anggota PPK pada pemilihan sebelumnya baik pemilihan kepala daerah, pemilihan presiden bahkan pemilihan legislatif. 

“Jadi tidak bisa diloloskan,” kata dia. 

Adapun peserta yang lolos ke tahapan wawancara adalah Kecamatan Batam Kota 10 orang, Lubukbaja 10 orang, Sekupang 10 orang, Seibeduk 10 orang, Nongsa 10 orang, Bengkong 10 orang, Bulang 10 orang, Batuaji 10 orang, Sagulung 10 orang, Batu Ampar 9 orang, Belakangpadang 9 orang dan Galang 8 orang. 

“Bagi peserta yang akan tes wawancara wajib menggunakan pakaian putih hitam. Rencananya tes tertulis dilaksanakan di kantor KPU Kota Batam,” ucapnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews