KPU Batam Bidik Partisipasi Pemilih Pemula di Pilkada 2020

KPU Batam Bidik Partisipasi Pemilih Pemula di Pilkada 2020

Pemilih pemula.

Batam - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mulai melakukan persiapan jelang pemiihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Diantaranya dengan meningkatkan partisipasi pemilih.

Ketua KPU Kota Batam, Herrigen Agusti mengatakan, pihaknya membidik pemilih pemula. Maka dari itu dalam program kerja mereka, pihaknya akan bersosialisasi di basis-basis pemilih.

“Kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya, nah di kalangan pemilih pemula tingkat pastisipasinya masih rendah,” kata Agusti, Jumat (10/1/2020).

Menurutnya sampai sejauh ini masih banyak pemilih yang baru yang akan memasuki usia 17 tahun belum dapat terjangkau melalui sosialisasi Pilkada. Akibatnya, para pemilih tersebut belum dapat menggunakan hak pilihnya.

“Kami berharap agar kaum milenial menyadari bahwasanya pada tahun 2020 ini Kota Batam akan menyelenggarakan Pilkada Serentak jadi kami sudah ada program yang akan go to school dan go to campus,” katanya.

Selain pemilih pemula, KPU Kota Batam telah memetakan basis-basis pemilih di masyarakat. Agusti mengatakan ada 10 segmentasi pemilih lain yang akan disasar oleh KPU Kota Batam selain anak muda.

“Kami sudah petakan kemana nanti kami akan menjalankan sosialisasi, kita mencoba mensosialisasikan ke semua segmen masyarakat, ada 11 basis pemilih yang akan kita masuki,” jelasnya.

Basis pemilih itu adalah Keagamaan, Keluarga, Penyandang Disabilitas, Pemilih Pemula, Kalangan Pemuda, Orang Berkebutuhan Khusus, Hinterland, Organisasi Kepemudaan, Ormas, Pemilih Perempuan, dan Paguyuban Kesukuan.

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews