Kawal Pilkada 2020, Bawaslu Jalin Koordinasi dengan Polres Lingga

Kawal Pilkada 2020, Bawaslu Jalin Koordinasi dengan Polres Lingga

Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni bersama dua komisionernya saat melakukan koordinasi dengan Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho (Foto:ist)

Lingga - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lingga melakukan koordinasi dengan Kepolisian Resor (Polres) setempat, dalam rangka persiapan menghadapi Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Lingga tahun 2020. Kegiatan tersebut dilakukan di Mako Polres Lingga, Rabu (22/1/2020) lalu.

Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni mengatakan, dikarekan tahapan Pilkada sudah berjalan, maka pihaknya ingin membangun koordinasi dengan Polres Lingga, dalam rangka bersama-sama mengawal penyelenggaraan Pilkada Lingga tahun 2020 sehingga pelaksanaannya berjalan aman dan kondusif.

"Kami juga instruksikan kepada jajaran Panwascam agar selalu berkoordinasi dengan pihak polsek setempat agar pengawasan di lapangan bisa dijalankan secara maksimal," kata dia kepada Batamnews, kemarin.

Zamroni menjelaskan, dalam pertemuan dengam Kapolres Lingga tersebut, juga dibahas terkait persiapan pembentukan Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) untuk Pilkada nanti. Gakkumdu ini nantinya terdiri dari tiga lembaga, yakni kepolisian, bawaslu serta kejaksaan yang dapat menangani kasus pidana pemilihan dalam Pilkada 2020.

"Kami berharap pelanggaran-pelanggaran selama Pilkada di Kabupaten Lingga ini bisa dicegah khususnya pelanggaran pidana pemilihan. Karena salah satu fungsi Bawaslu adalah melakukan sisi pencegahan sebelum mengarah ke penindakan," sebutnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews