Isdianto Ingin Pemerintah Pusat Lebih Perhatikan Kawasan Terdepan

Isdianto Ingin Pemerintah Pusat Lebih Perhatikan Kawasan Terdepan

Plt Gubernur Provinsi Kepri Isdianto mendampingi Presiden Jokowi saat kunjungan kerja di Natuna, pekan ini. (Foto: istimewa)

Tanjungpinang - Plt Gubernur Isdianto berharap pemerintah pusat semakin banyak mengucurkan program pembangunan untuk kawasan perbatasan di Kepri. 

Termasuk pembangunan di pulau-pulau terdepan, yang berbatasan langsung dengan negara sahabat. Sebab pembangunan itu akan meningkatkan perekonomian dan memperkuat pengamanan pulau terdepan.

"Kepri punya 19 pulau terdepan. Beberapa di antaranya ramai penduduknya, seperti Pulau Subi. Kami harap pusat memberi pehatian lebih untuk pulau terdepan di Kepri, seperti perhatian di perbatasan Kalimantan dengan Malaysia,” kata Isdianto di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Kamis (9/1/2020).

Memang selama ini pusat cukup fokus membangun infrastruktur jalan-jalan di kawasan perbatasan. Seperti di pulau Kalimantan yang berbatasan dengan Malaysia. Hingga akhir tahun lalu, sudah 966 kilometer jalan perbatasan dibangun pemerintah pusat.

Tak heran, Isdianto berharap kucuran untuk pembangunan perbatasan dan pulau terdepan di Kepri mendapat perhatian lebih dari pusat. Pemprov Kepri tetap memberi perhatian terhadap sejumlah kawasan perbatasan dan terdepan.

Sebagai wilayah yang berbatasan dengan banyak negara, kata Isdianto, banyak potensi ekonomi yang bisa dikelola. Meski begitu, potensi berupa kerawanan keamanan tetap mengintai. 

"Masuknya nelayan asing ke wilayah perairan Laut Natuna Utara salah satu contoh kerawanan tersebut," ujarnya.

Menurut Isdianto, perhatian pemerintah pusat sangat diharapkan oleh masyarakat perbatasan. 

Apalagi di pulau-pulau yang berbatasan seperti Natuna dan Anambas karena minimnya sarana transportasi. Di pengujung tahun 2019, Isdianto memang berkunjung ke dua wilayah tersebut.

"Kita jalin terus silaturahmi dan kebersamaan dalam menyelesaikan setiap permasalahan di lapangan agar situasi kondusif dirasakan masyarakat dan pembangunan tetap berkelanjutan agar menarik investasi," kata Isdianto.

Isdianto menegaskan, kucuran pembangunan semakin memperkuat pesan bahwa pemerintah hadir di kawasan perbatasan dan pulau terdepan. Masyarakat Kepri secara keseluruhan merasakan buah pembangunan.

"Karena itu, kami ingin mengkolaborasikan semua sumber pendanaan, baik APBN, APBD provinsi dan kabupaten kota untuk pembangunan di Kepri," harapnya.

Memang dalam upaya mengolaborasikan itu, Isdianto selalu mengajak bupati, wali kota untuk bertemu dengan sejumlah menteri. 

"Semua itu tujuannya untuk mengolaborasikan dan menyinergikan semua kemampuan untuk pembangunan di Kepri," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews