John dan Shelley Barret Jadi Wisman Perdana 2020 di Bintan

John dan Shelley Barret Jadi Wisman Perdana 2020 di Bintan

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam memasang tanjak ke wisman perdana yang berkunjung melalui Lagoi. (Foto: Ari/batamnews)

Bintan - Pasangan suami istri (pasutri) asal Amerika Serikat, John Barret dan Shelley Barret menjadi wisatawan mancanegara (wisman) perdana yang menginjakkan kakinya di Kabupaten Bintan pada awal 2020.

Kedatangan pasutri bersama puluhan penumpang lainnya disambut meriah oleh Plt Gubernur Kepri, Isdianto dan Wakil Bupati Bintan, Dalmasri Syam di Ferry Terminal Bandar Bentan Telani (BBT) Lagoi, Rabu (1/1/2020). 

Hadir juga dalam sambutan itu, Kepala FKPD Bintan, Kepala OPD Bintan dan Provinsi Kepri, GGM PT BRC Abdul Wahab, GM Finance dan Administrasi Hebron Haneahan serta manajemen PT BRC lainnya.

GGM PT BRC, Abdul Wahab mengatakan ketika wisatawan mancanegara itu keluar dari kapal ferry langsung dikalungi bunga dan pemasangan tanjak oleh Isdianto dan Dalmasri Syam.

“Para penumpang yang tiba di BBT berasal dari berbagai negara. Mereka menumpangi Ferry Wan Ser Beni dari Terminal Ferry Tanah Merah Singapura ke BBT Lagoi untuk berlibur di Bintan,” ujar Wahab.

Selain John dan Shelley Barret, kata Wahab, ada beberapa wisman lagi yang mendapatkan cinderamata. Yaitu Ida Masaomi dan Sayaka Tani dari Jepang, Hongsub Im dan Jongim Kwon dari Korea Selatan, Bajt Daniel dan Mammond Kellie dari Skovenia serta Nurul Nadia Bte Abdullah dan Moh Hafiz bin Moh Tahir dari Singapura.

“Kami akan selalu mendukung agar kunjungan wisman ke Bintan terus naik setiap tahunnya. Mulai dari terus melengkapai fasilitas yang ada di Lagoi, menambah jumlah kamar serta menghadirkan wahana-wahana yang menarik,” katanya. 

Dalmasri Syam mengatakan Pemprov Kepri bisa terus bersinergi dengan Pemkab Bintan. Apabila keuangan daerah Bintan tak mampu membangun infrastruktur maka Pemprov Kepri yang akan membangunnya. 

“Dengan sinergi Bintan akan maju dan dikenal di seluruh dunia. Karena sudah terbukti Bintan khususnya Kepri menduduki urutan kedua penyumbang kunjungan wisman terbesar di Indonesia,” sebutnya.

Untuk tahun 2019, kata Dalmasri, jumlah kunjungan wisman ke Bintan sudah melampaui target. Yaitu dari 700 ribu tembus 750 ribu sehingga pihaknya berani menjamin kunjungan wisman ke Bintan di tahun 2020 ini akan mengalami kenaikan. Begitu juga dengan kunjungan wisatawan nusantara (wisnu).

Mulai tahun ini juga Pemkab Bintan akan fokus menarik kunjungan wisman asal Malaysia. Sebab wisman asal negeri jiran tersebut merupakan wisman yang masuk urutan ke 5 besar mengunjungi Bintan.

“Saya optimis, perkembangan wisata di Bintan akan semakin maju dan dikenal dunia. Untuk tahun 2029 pencapaiannya sangat fantastis dan tahun ini kita optimis juga angka kunjungan tembus 900 ribu bahkan tidak menutup kemungkinan akan menembus angka satu juta wisatawan,” ucapnya.

Plt Gubernur Kepri, Isdianto mengatakan destinasi pariwisata sangat banyak di Bintan. Maka Pemprov Kepri ke depannya akan meningkatkan infrastruktur untuk menunjang sektor kepariwisataan tersebut.

“2020 akan kita mulai peningkatan infrastruktur di Bintan. Jalanan akan mulus sehingga wisman maupun wisnu yang datang ke sini nyaman,” katanya.