Tahun Baru di Batam, Zikir Akbar Diganti Pesta Kembang Api, UAS di Mahmud Riayat Syah

Tahun Baru di Batam, Zikir Akbar Diganti Pesta Kembang Api, UAS di Mahmud Riayat Syah

Pesta kembang api di Batam beberapa waktu lalu yang sempat dibatalkan (Foto: Batamnews)

Batam - Pergantian tahun di Kota Batam akan diwarnai dengan dua agenda. Pesta pora kembang api dan ceramah Ustad Abdul Somad.

Pesta kembang api akan digelar di Dataran Engku Putri Batam Centre. Acara ini dihelat Pemerintah Kota Batam bersama perusahaan air minum PT Adhya Tirta Batam.

Dalam kesempatan itu ATB mendatangkan sejumlah artis dan ratusan kembang api yang akan ditembakkan ke udara. Selain itu juga diisi dengan artis lawas ibukota Titans.

Pesta kembang api di Dataran Engku Putri ini pada tahun 2018 lalu, sempat dihapus di Engku Putri pada tahun lalu. Alasannya, adalah kemanusiaan dan menghindari menghambur-hamburkan anggaran pemerintah.

Baca juga: MUI Batam Minta Batalkan Pesta Kembang Api di Engku Putri Batam

Acara pesta kembang api pada malam tahun baru itu sempat digantikan dengan tabligh akbar dzikir dan doa bersama.

Lagi pula, acara pesta kembang api tersebut dinilai masyarakat Batam bukan tradisi masyarakat Melayu. Cenderung lebih banyak mudharat dari pada manfaatnya. Kendati demikian, beberapa warga Batam juga mendukung acara tersebut sebagai sebuah hiburan semata.

Hal itu juga menimbang terjadinya musibah bencana alam di sejumlah daerah di Tanah Air. Namun kali ini hal itu tak menjadi pertimbangan.

Bahkan pesta kembang api ini digelar perusahaan air minum yang pada tahun 2020 akan berakhir tersebut. 

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Pemko Batam, Ardiwinata, selain pesta kembang api, di malam yang sama digelar kegiatan tabligh akbar di Masjid Mahmud Riayat Sah. 

Baca juga: Tak Sesuai Budaya Melayu, Wali Kota Tanjungpinang Larang Perayaan Tahun Baru

Dalam kesempatan itu satu dari penceraman adalah Ustad Abdul Somad, yang baru saja mendapat gelar doktor.

Selain Ustad Abdul Somad, ada juga Habib Muhammad bin Anies Shahab dan Ustad Luqmanul Hakim asal Pontianak.

UAS Raih Doktor

Ustadz Abdul Somad baru saja meraih gelar Doktor dari Oumdurman Islamic University, Sudan.

Gelar tersebut resmi disandangnya usai Ustad Abdul Somad menyelesaikan Sidang Munaqayah Disertasi Doktor di Ruang Sidang Kantor Lembaga Riset Oumdurman Islamic University Sudan pada Selasa (24/12/2019).

Ustadz Abdul Somad dinyatakan lulus dengan predikat mumtaz atau cum laude atas disertasi berjudul 'Kontribusi Hadratussyaikh Muhammad Hasyim Asyari Dalam Penyebaran Hadits di Indonesia'.

Tidak hanya menambah gelar dalam barisan namanya, yakni Dr H Abdul Somad, Lc, MA; gelar Doktor yang disandangnya juga merubah penampilan Ustad Abdul Somad.

Perubahan penampilan Ustad Abdul Somad tersebut terlihat dari sejumlah postingan beberapa hari belakangan.

Terlebih seusai dirinya menjalani Sidang Munaqayah Disertasi Doktor di Ruang Sidang Kantor Lembaga Riset Oumdurman Islamic University Sudan pada Selasa (24/12/2019) lalu.

Perubahan penampilan pria yang bergelar Datuk Seri Ulama Setia negara itu seperti dalam makan malam syukuran.

Acara ini akan disiarkan secara langsung oleh stasiun televisi swasta. 

"Pada kesempatan malam tahun baru nanti, Ustad Abdul Somad akan didampingi Habib Muhammad bin Anies Shahab, dan Ustad Lukmanul Hakim," ujar Kabag Humas Pemko Batam Efrius. 

(aha)