Akhir Tahun, 3 Pelabuhan Internasional Batam Dilewati 10 Ribu Orang per Hari

Aktivitas penumpang di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center. (Foto: Dok/Batamnews)

Batam - Arus penumpang di beberapa pelabuhan Batam cukup padat pada momen libur Natal 2019 dan menjelang tahun baru.

Pemandangan ini tampak di tiga pelabuhan Internasional di Batam, yaitu Pelabuhan Internasional Sekupang, Harbourbay, dan juga Pelabuhan Ferry Batam Centre.

"Sejak Jumat sudah terpantau lonjakan penumpang. Padatnya hari Jumat dan Sabtu yang paling padat," kata Kapolsek Khusus Kawasan Pelabuhan (KKP) Batam, AKP Syaiful Badawi, Kamis (26/12/2019).

Untuk penumpang yang akan ke luar negeri jumlahnya mencapai 10 ribu orang dalam sehari. "Untuk tiga pelabuhan Internasional, sekitar 10 ribu penumpang naik dan turun," katanya.

Badawi menyebut situasi sejauh ini aman dan tidak ada kejadian yang menonjol semisal penumpukan penumpang serta penundaan jadwal keberangkatan.

"Sejauh ini masih aman, tidak ada kejadian menonjol. Semua berjalan dengan lancar dan penumpang dapat dilayani," ucapnya.

Ia memperkirakan 29 Desember 2019 nanti akan terjadi lonjakan penumpang. "Saya imbau juga, bagi warga yang ingin bepergian jangan terlalu banyak membawa barang, selalu perhatikan anak jangan sampai terpisah, dan juga tidak menggunakan perhiasan yang mencolok," ujarnya.

(aha)