Isdianto Kecewa Kinerja OPD, Banyak Proyek Fisik Tak Siap

Isdianto Kecewa Kinerja OPD, Banyak Proyek Fisik Tak Siap

Pembangunan Stadion Dompak menjadi salah satu pekerjaan fisik 2019 yang belum rampung. (Foto: Sutana/Batamnews)

Tanjungpinang - Plt Gubernur Kepri Isdianto kecewa terhadap kinerja sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kepri atas pengerjaan proyek fisik tahun anggaran 2019 yang belum selesai, walau sudah diakhir tahun.

"Pekerjaan fisik masih ada yang belum siap, bahkan ada yang baru mencapai 50 atau 60 persen saja," kata Isdianto usai penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) APBD tahun anggaran 2020 di Dompak,  Tanjungoinang, Jumat (27/12/2019).

Baca juga: Fakta Perubahan Bentuk Stadion Dompak yang Jauh di Bawah Ekspektasi

Ia menambahkan, pekerjaan fisik molor tidak siap hingga akhir tahun seperti ini, kenyatannya terjadi tiap tahun. Bahkan selalu berulang-ulang kejadian seperti itu.

"Artinya kepala OPD ini tidak belajar dari pengalaman sebelumnya. Itu berarti jatuh terperosok di lubang yang sama, dua kali," kata Isdianto.

Isdianto mengatakan, proses pelelangan pekerjaan fisik itu harusnya dilelang tepat waktu sesuai target.

"Jangan pula pelelangan itu di pertengahan tahun, apalagi dipaksakan menjelang akhir tahun. Bila lelang dikerjakan menjelang akhir tahun, pasti pekerjaan fisik itu akan terlambat dan molor. Sebab bisa saja karena faktor cuaca dan kondisi lainnya yang bisa menghambat pekerjaan," ujarnya.

Selain itu, dikatakan Isdianto pekerjaan fisik sering dipaksakan dan terkesan buru-buru. "Maka hasilnya pasti tidak akan maksimal dan baik. Bahkan pekerjaan itu akan menimbulkan masalah dan akan menjadi beban pemerintah.

Isdianto mengatakan, pekerjaan fisik itu harusnya selesai sebelum akhir tahun, sehingga pihaknya bisa memeriksa dan mengawasi dengan maksimal.

"Kalau pun timbul masalah, maka kita bisa memberi solusi dan mencari jalan keluarnya. Tapi bila mendesak, apa yang harus dilakukan," ujarnya lagi.

Baca juga: Pemprov Kepri Tunda 12 Proyek dengan Total Nilai Rp 24 M Tahun Ini

Untuk itu harapnya, APBD Provinsi Kepri tahun 2020 mendatang, bagi OPD yang ada program pembangunan fisik untuk segera dilakukan pelelangan dan diajukan lebih awal. Isdianto mengaku akan segera melakukan evaluasi.

"Kita ingin tunjukan kepada masyarakat, kita itu bisa membangun dan bekerja. Sehingga pembangunan ini akan bisa dirasakan dan dimanfaatkan sepenuhnya oleh masyarakat," harapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews