Melihat Gerhana Matahari Tanpa Kacamata Khusus Dapat Merusak Penglihatan

Melihat Gerhana Matahari Tanpa Kacamata Khusus Dapat Merusak Penglihatan

Ilustrasi

Batam - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim Batam mengimbau agar warga tak melihat gerhana matahari secara langsung atau tanpa kacamata khusus, hari ini, Kamis (26/12/2019).

Kepala Seksi Data BMKG Hang Nadim, Suratman mengatakan, hari ini diperkirakan gerhana matahari akan terlihat jelas di sebagian besar wilayah Kepri, termasuk Kota Batam.

Untuk itu dia mengimbau kepada masyarakat agar tak melihat secara langsung prosesi gerhana matahari cincin ini dari fase awal sekitar pukul 10.30 WIB hingga fase akhir.

“Karena dapat membahayakan retina mata anda yang bisa merusak penglihatan,” ujar Suratman.

Diberitahukan bahwa, fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC) dan Gerhana Matahari Sebagian (GMS) bakal menyambangi sejumlah wilayah di Indonesia pada 26 Desember.

Melalui laman resmi Planetarium Jakarta, Peneliti Senior Widya Sawitar menjabarkan waktu tahapan munculnya GMC dan GMS.

1. Fase awal

Pada fase awal GMC di Batam, tahap parsial awal akan terjadi pukul 10.27 WIB.

2. Pertama muncul gerhana

Sedangkan munculnya gerhana cincin awal akan terlihat pukul 12.22 WIB dan mencapai puncak pukul 12.24 WIB. Cincin akan mulai memasuki tahap akhir pukul 12.25 dan tahap parsial akhir terjadi pukul 14.18 WIB.

3. Tahap parsial

Sementara pengamatan GMS di Planetarium Jakarta, tahap parsial awal terjadi pukul 10.42 WIB. Puncak GMS diperkirakan muncul pukul 12.36 WIB dan berakhir pukul 14.23 WIB.

Total durasi GMC di Batam berlangsung selama 3 jam 51 menit, fase munculnya cincin api 3 menit 15 detik, dan total durasi GMS di Jakarta sekitar 3 jam 40 menit.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews