Pemko Tanjungpinang Siapkan 300 Kaca Mata Lihat Gerhana Matahari di Laman Boenda

Pemko Tanjungpinang Siapkan 300 Kaca Mata Lihat Gerhana Matahari di Laman Boenda

Ilustrasi (Foto:ist/dream.co.id)

Tanjungpinang - Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang bersama Kementerian Agama (Kemenag) Tanjungpinang, akan melaksanakan salat sunah gerhana matahari (salat khusuf), Kamis (26/12/2019).

Salat ini dilakukan karena Kota Tanjungpinang akan dilintasi peristiwa langka yakni, gerhana matahari cincin.

"Salat sunah gerhana matahari ini akan digelar di Pelantaran Laman Boenda Gedung Gonggong Tepi Laut pada pukul 11.00 WIB," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Teguh Ahmad.

Dengan demikian, Pemko Tanjungpinang mengundang dan mengajak lapisan masyarakat untuk datang melaksanakan salat sunah gerhana matahari ini.

Pemko juga lanjutnya memerintahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkungan OPD Pemko Tanjungpinang untuk melaksanakan shalat sunah ini.

"Nantinya setelah melaksanakan salat sunah gerhana matahari, kita lanjutkan dengan shalat pardu dzuhur bersama," katanya.

Untuk itu ia mengharapkan bagi yang akan mengikuti salat sunah dan salat dzuhur untuk membawa kelengkapan salat. Sebab ditakutkan fasilitas yang disedikan panitia tidak mencukupi.

Selain itu tambah Teguh, bagi masyarakat yang akan melihat fenomena alam gerhana matahari cincin ini, Pemko Tanjungpinang telah menyiapkan kaca mata.

"Kami sudah menyiapkan kaca mata khusus untuk melihat fenomena gerhana matahari cincin ini. Ada 300 kaca mata yang disiapkan," ujarnya.

Selain itu Pemko Tanjungpinang juga mengundang tim yang akan memantau gerhana matahari cincin ini. Tim ini berasal dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang juga membawa perlengkapan untuk melihat gerhana matahari tersebut.

"Mereka membawa alat Bosscha untuk memantau proses fenomena gerhana matahari cincin dari awal hingga akhir," tuturnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews