Banjir 2 Meter Rendam Puluhan Rumah di Kabupaten Agam

Banjir 2 Meter Rendam Puluhan Rumah di Kabupaten Agam

Banjir bandang menerjang Kabupaten Agam, Sumatera Barat. (Foto: Langgam.id)

Agam - Curah hujan tinggi yang mengguyur sebagian wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memicu bencana banjir di Jorong Gantiang, Nagari Sitanang, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, Minggu (22/12/2019).

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, M Luthfi Ar mengatakan, hujan yang mengguyur semenjak Minggu sore merendam 36 rumah, dengan ketinggian beragam dari 50 cm hingga mencapai 2 meter.

"Malam ini kita melakukan evakuasi 6KK menggunakan perahu karet karena rumah mereka terendam banjir cukup dalam sehingga sulit untuk di evakuasi," ujarnya sebagaimana dilansir Covesia.com, Minggu malam.

Tidak hanya menggenangi rumah, luapan air juga menggenangi badan jalan di wilayah tersebut dengan ketinggian hampir mencapai 2 meter yang mengakibatkan jalur itu tidak bisa dilewati alias putus. Sementara itu, curah hujan tinggi masih berpotensi mengguyur di sekitar lokasi.

"Evakuasi sudah dilaksanakan, sebanyak 12 KK yang terjebak banjir yang besar terpaksa dipindahkan ke lokasi aman," katanya.

Sementara itu, pada saat yang sama bencana banjir bandang juga menghantam Jorong Sigiran, Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya.

Luapan air menggenangi satu unit rumah, kantor wali orong dan sarana olahraga di daerah setempat. Saat ini pembersihan dilakukan dengan mengerahkan satu unit alat berat.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews