Hujan dan Gelombang Tinggi Intai Kepri Selama Sepekan

Hujan dan Gelombang Tinggi Intai Kepri Selama Sepekan

Ilustrasi.

Tanjungpinang - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang memprediksi hujan lokal akan mengguyur Pulau Bintan dalam sepekan ke depan. 

Prakirawan BMKG Tanjungpinang, Diana Cahaya Siregar menjelaskan, berdasarkan analisis dinamika atmosfer, pengaruh fenomena cuaca skala global (ENSO dan IOD) tidak terlalu signifikan berdampak terhadap kondisi cuaca di Pulau Bintan. 

Namun, pengaruh fenomena cuaca skala regional berupa aktifnya monsun Asia dan MJO cukup berdampak terhadap penambahan massa uap air di wilayah Pulau Bintan. 

"Tapi karena cuaca skala lokal relatif hangat dapat memicu giatnya konektivitas antara atmosfer dan lautan di wilayah Pulau Bintan, sehingga terdapat pertumbuhan awan konvektif (penghasil hujan)," kata Diana, Senin (9/12/2019).

Diana mengatakan, saat ini wilayah Tanjungpinang dan Bintan telah memasuki musim angin utara, sehingga perkiraan ketinggian gelombang di perairan Tanjungpinang mencapai 1,5 meter.

"Musim angin utara ini ketinggian gelombang signifikan di perairan Bintan 0,8 sampai 2 meter dan perairan Natuna mencapai 6 meter," jelasnya.

Ia melanjutkan, dengan musim cuaca saat ini waspada potensi hujan dengan intensitas ringan-sedang yang dapat disertai petir dan angin kencang pada pagi hingga sore hari.

"Waspada potensi gelombang tinggi mencapai 5 meter di sekitar perairan Natuna bagian Utara seminggu ke depan," ujarnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews