BMKG: Hujan Masih Berpotensi Guyur Lingga Beberapa Hari Kedepan

BMKG: Hujan Masih Berpotensi Guyur Lingga Beberapa Hari Kedepan

Hujan deras (Foto:Batamnews)

Lingga - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dabo Singkep, memprediksikan bahwa hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi mengguyur Kabupaten Lingga, untuk beberapa hari kedepan.

Kepala BMKG Dabo Singkep, Sahat Mauli Pasaribu mengatakan, hal ini terjadi akibat adanya daerah pusaran angin (siklonik) di sekitar wilayah Natuna yang menyebabkan adanya penumpukkan massa udara di wilayah Kepulauan Riau termasuk Kepulauan Lingga.

"Kondisi ini lah yang menambah peluang pembentukan awan-awan hujan di wilayah Kepulauan Lingga," kata Sahat kepada Batamnews, Senin (9/12/2019).

Ia menjelaskan, secara umum kondisi cuaca besok hari diprakirakan hujan lokal dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang. Angin bertiup dari arah Utara dengan kecepatan 0,5-30 km/jm.

"Kalau untuk gelombang, beberapa hari kedepan gelombang di Kepulauan Lingga cukup tinggi, mencapai 1,25 - 2,50 meter. Tapi masih masuk kategori sedang. Namun demikian, untuk transportasi laut dan aktivitas kelautan diimbau agar tetap waspada," ujarnya.

Selain itu, Sahat juga mengimbau kepada warga agar dapat menghindari atau mengurangi aktivitas luar, seperti berkendara di jalan raya serta melakukan perjalanan laut saat cuaca sedang mumburuk. Kemudian juga diharapkan menghindari jalanan rawan banjir.

"Mari kita bersama giatkan gotong royong untuk menjaga kebersihan lingkungan, dengan cara membersihkan parit, selokan,  serta saluran air dari sampah agar tidak tersumbat hingga menyebabkan banjir. Apalagi disaat musim penghujan," pungkas Sahat.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews