Pemkab Lingga Jalin Kerjasama Pengolahan Sagu dengan Investor Banyuwangi

Pemkab Lingga Jalin Kerjasama Pengolahan Sagu dengan Investor Banyuwangi

Sekda Lingga, Juramadi Esram didampingi Bupati Lingga Alias Wello saat menandatangani MoU dengan PT Harmoni (Foto:ist)

Lingga - Untuk memantapkan hubungan kerjasama di bidang pertanian, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga menggelar pertemuan bersama para calon investor asal Banyuwangi, di Gedung Daerah Daik Lingga, Minggu (8/12/2019) malam.

Pertemuan ini sekaligus merupakan bentuk tindak lanjut keseriusan para investor tersebut untuk memulai hubungan bisnis pengelolaan sagu di Bunda Tanah Melayu.

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh sejumlah Kepala Desa dari daerah penghasil sagu di Kabupaten Lingga tersebut, Bupati Lingga Alias Wello optimis terhadap kerjasama antara kedua belah pihak yang akan terjalin dengan baik kedepannya.

Pria yang akrab disapa Awe ini menyebutkan, Pemkab Lingga selalu terbuka akan investasi yang masuk. Namun, ia tetap menekankan bahwa setiap investasi yang akan masuk ke Kabupaten Lingga, harus memenuhi tiga syarat utama.

"Yang utama itu harus berpihak kepada masyarakat, mengedepankan kelestarian lingkungan serta bisa bekerjasama dengan lembaga atau badan usaha daerah yang telah ditunjuk. Ini yang harus diperhatikan para investor," kata Awe pada kesempatan tersebut.

Prinsip demikian ditanamkannya demi menjaga keberlangsungan kelestarian alam dan iklim investasi yang sehat di Kabupaten Lingga. “Untuk masalah tersebut, kami memang sangat selektif memilih dan memilah investor yang masuk,” sebutnya.

Lanjut Awe, langkah ini sengaja diambil mengingat bahwa produk sagu nantinya kemungkinan besar akan dipasarkan tidak hanya di dalam negeri, namun juga ke luar negeri, sehingga standar lingkungan perlu diperhatikan.

“Kalau produk kita ini nanti dipasarkan sampai ke luar negeri, maka kebersihan lingkungan perlu menjadi perhatian bersama. Bahkan ada para pembeli yang rela datang langsung mengecek hingga ke hilirisasi pengolahan untuk memastikan bahwa produk yang mereka terima benar-benar bersih dan tidak berdampak buruk terhadap lingkungan,” pungkasnya.

Diketahui, sejalan dengan dengan pertemuan itu, juga dilaksanakan penandatanganan Momorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Yayasan Kemajuan Lingga Terbilang dengan PT. Harmoni Indah Gemilang, terkait rencana investasi di Kabupaten Lingga.

PT. Harmoni Indah Gemilang sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pertanian, perkebunan, industri. Adapun ruang lingkup kerjasama yang dilakukan antara yayasan dengan perusahaan tersebut terkait pengelolaan dan pembangunan industri pengolahan sagu di Kabupaten Lingga.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews