Eka Prasetya Jabat Wakil Ketua Pengadilan Negeri Karimun

Eka Prasetya Jabat Wakil Ketua Pengadilan Negeri Karimun

Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tanjungbalai Karimun, Eka Prasetya Budi Dharma. (Foto: Edo/Batamnews)

Karimun - Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tanjungbalai Karimun resmi dijabat oleh Eka Prasetya Budi Dharma.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Ketua Pengadilan Negeri Tanjungbalai Karimun, Joko Dwi Hatmoko melalui sidang luar biasa di Ruang Sidang Cakra, Kamis (14/11/2019) pagi.

Eka Prasetya menggantikan Bambang Setiawan sebagai Wakil Ketua Pengadilan. Bambang dipromosikan sebagai Ketua Pengadilan di Pengadilan Negeri Pelalawan, Riau.

"Hari ini kami melantik dan melakukan pengambilan sumpah jabatan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tanjungbalai Karimun yang baru kepada Bapak Eka Prasetya Budi Dharma SH MH," kata Ketua Pengadilan Negeri Tanjungbalai Karimun, Joko Dwi Hatmoko.

Dengan kehadiran Wakil Ketua Pengadilan yang baru, diharapkan agar ke depannya Pengadilan Negeri Tanjungbalai Karimun bisa lebih baik lagi.

Sebab, dengan adanya mitra kerja yang baru tentu saja akan menimbulkan semangat yang baru pula dalam melaksanakan tugas sehari-hari.  

"Penyakitnya hakim itu adalah kejenuhan. Dengan kehadiran yang baru diharapkan adanya penyegaran, serta lebih maksimal dalam melayani para pencari keadilan, khususnya di wilayah Kabupaten Karimun," ucap Joko.

Dikatakannya tugas pokok dan fungsi (tupoksi) antara Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri sudah diatur oleh Mahkamah Agung.

"Tugas seorang ketua itu lebih banyak keluar (eksternal), sementara tugas wakil ketua itu peranannya lebih banyak ke dalam (internal).  Semua akan berjalan sesuai dengan tupoksi masing-masing," sebut Joko lagi.

Diketahui, Eka Prasetya sebelumnya merupakan hakim anggota di Pengadilan Negeri Bojonegoro, Jawa Timur.

"Sesuai tupoksi, ada pendelegasian kewenangan yang nantinya akan dilakukan oleh Ketua kepada Wakil Ketua Pengadilan. Biasanya, ketua akan fokus kepada eksternal dan wakil ketua lebih fokus kepada internal sebagai manejer representatif. Mudah-mudahan, bisa berkolaborasi dengan baik," kata Eka, usai dilantik.

Ia berharap bisa menjalin hubungan yang baik dengan seluruh instansi pemerintahan yang ada di Karimun, termasuk juga dengan media.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews