Disdik Bintan Pasang VSAT di 8 Sekolah Wilayah Terluar

Disdik Bintan Pasang VSAT di 8 Sekolah Wilayah Terluar

Ilustrasi. (Foto: Space News)

Bintan - Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan memasang Very Small Aperture Terminal (VSAT) di beberapa sekolahan pada 2019 ini. 

VSAT merupakan satelit untuk mendukung atau terhubungnya internet, data, LAN, Suara dan Faksimili serta VOIP.

Kepala Disdik Bintan, Tamsir mengatakan VSAT ini dipasang di sekolahan yang wilayahnya tidak terakses oleh jaringan internet. Khususnya wilayah yang tertinggal, terdepan dan terluar (3T) di Bintan.

“VSAT ini dipasang secara bertahap di Bintan dan dibiayai dari dana Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dari 2018-2019,” ujar Tamsir, kemarin.

Untuk 2018, kata Tamsir, VSAT dipasang di SMPN 10 di Tanjung Berakit Kecamatan Teluk Sebong, SMPN 20 di Pulau Pucung Kecamatan Gunung Kujang, serta SMPN 8 dan SMPN 24 di Kecamatan Teluk Sebung.

Sedangkan di tahun ini ada 8 sekolahan yang dipasang VSAT ini. Diantaranya SMPN 19  Desa Kelong Kecamatan Bintan Pesisir, SMPN 18 Desa Numbing Kecamatan Bintan Pesisir, dan SMPN 7 Kecamatan Teluk Bintan. 

Berikutnya, SMPN 14 Kecamatan Tambelan, SMPN 28 Desa Bintan Buyu Kecamatan Teluk Bintan, SMPN 22 Desa Mapur Kecamatan Bintan Pesisir, SDN 006 Desa Pulau Pinang Kecamatan Tambelan serta SDN 003 Kecamatan Tambelan.

“Jadi khusus tahun ini ada 8 sekolah di wilayah 3 T dipasang VSAT. Dengan adanya VSAT ini sekolahan tersebut juga sudah bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK),” jelasnya.

Disdik Bintan akan terus berusaha memajukan dunia pendidikan hingga ke seluruh pelosok wilayah dengan melengkapi berbagai infrastruktur.

“Jadi semuanya kita perhatikan. Tidak hanya bangun sekolah dan ruangan yang nyaman dan aman tapi dari biaya masuk sekolah, seragam, alat pendukung sampai pulang dan pergi ke sekolah kita berikan dan layani secara gratis,” ucapnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews