Sekolah Al Muhajirin Dotamana Isi Bulan Bahasa dengan Literasi Kreatif

Sekolah Al Muhajirin Dotamana Isi Bulan Bahasa dengan Literasi Kreatif

Rangkaian acara Literasi Kreatif mengisi Bulan Bahasa di Sekolah Al Mujairin, Dotamana, Batam. (Foto: istimewa)

Batam - Sekolah Al Muhajirin Dotamana, Batam yang terdiri dari RA/TK dan SDIT mengisi Bulan Bahasa dengan rangkaian kegiatan literasi kreatif.

Ketua Panitia Muhammad Iqbal mengatakan selama Bulan Bahasa berbagai kegiatan literasi kreatif oleh siswa RA maupun SDIT berjalan dengan bimbingan guru kelas masing-masing. 

Di SDIT Al Muhajirin Dotamana, para siswa berkreasi dengan lomba menulis puisi, cerita bergambar (cergam), cerita rakyat, dan beragam tulisan lain yang akan ditayangkan dalam majalah dinding. 

Para guru juga mendampingi siswanya dengan mengasah kemampuan mereka yang berkaitan dengan literasi. 

"Namun karena pada minggu kedua dan ketiga ada ulangan di SDIT, maka puncak acara dilaksanakan secara meriah pada Selasa (12//11/2019) kemarin yang dipusatkan di halaman SDIT," kata Iqbal, Rabu (13/11/2019). 

Karena dipadukan dengan peringatan Milad ke-22 Yayasan Al Muhajirin Dotamana Indah, sehingga tajuk yang dikemas pada peringatan puncaknya berupa “Kreativitas Ceria Siswa/i RA & SDIT Al Muhajirin Dotamana menyambut Bulan Bahasa dan Milad Yayasan”. 

Dalam kegiatan ini, para siswa juga menjalankan kegiatan seni berupa gerak dan lagu, sedangkan para wali murid mengikuti lomba menghias tumpeng. Dengan kelompok wali murid dari kelas B Marwa yang diasuh oleh Ibu Wati sebagai juaranya.

"Mata acara kemarin cukup padat seperti para murid dan guru RA/TK menampilkan tarian Melayu secara massal,  pembacaan Asmaul Husnah. Para siswa/i SDIT menampilkan tarian Saman, English Speech & dialogue, Arabic Speech & dialogue, tahfiz & fahmil, karate show, dan tak ketinggalan adalah kompang," ujarnya. 

Kepala SDIT, Erni Kusumawati mengatakan sejak berdiri pada 2015, pihak sekolah terus menerus berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi orang tua murid. 

"Agar mereka terus mengarahkan anaknya ke sekolah ini yang telah mencapai Akreditasi “B”, meskipun belum pernah meluluskan siswanya. Karena baru mencapai kelas 5," jelasnya. 

Pihak sekolah juga memotivasi keterlibatan orangtua murid untuk memeriahkan Bulan Bahasa dengan lomba menghias kelas. Karya-karya para siswa dirangkai dalam hiasan-hiasan sehingga kelas tampak indah dan nyaman. 

Lomba ini dinilai oleh Ketua Yayasan, Pieter P Pureklolong dan Kepala Bidang Pendidikan Al Muhajirin, Undang Abdul Rosyad. 

Pieter menyampaikan kriteria penilaian lomba menghias kelas tertumpu pada kreativitas yang harus tampak pada kerapian, keindahan, unsur literasi yang benar, kesesuaian dengan umur para siswa, kemudahan para siswa mengakses informasi yang ada dalam hiasan. 

Dalam lomba ini,  kelas 5A yang keluar sebagai juara 1,  kelas 2A sebagai juara 2,  dan kelas 2D sebagai juara 3. 

"Jadi bukan asal ramai meriah heboh dengan terlalu banyak informasi sehingga pesan sesungguhnya tidak dapat ditangkap oleh anak-anak," ungkapnya. 

Keterlibatan orangtua murid ini diapreasiasi tinggi oleh Anggota DPRD Kota Batam dari Komisi 4 Aman, yang membidangi SDM dan Kesejahteraan Rakyat. 

Menurutnya, orang tua merupakan bagian penting dalam keberhasilan pendidikan anak-anak di sekolah. Oleh karena itu kerjasama sekolah, orangtua dan pemerintah merupakan keharusan dalam memajukan pendidikan. 
 
"Selamat kepada Yayasan Al Muhajirin Dotamana Indah yang telah berupaya keras sehingga sekolahnya baik RA maupun SDIT dengan cepat berkembang dan mendapat pengakuan dari pemerintah melalui Badan Akreditasi Nasional," pungkasnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews