Akhirnya Warga Pulau Pekajang di Lingga Bisa Akses Internet

Akhirnya Warga Pulau Pekajang di Lingga Bisa Akses Internet

Pulau Pekajang (Foto:ist/jelajahbangka)

Lingga - Kabar gembira datang untuk masyarakat Pulau Pekajang, Kecamatan Lingga, Kabupaten Lingga. Pasalnya, pulau yang berada di perbatasan antara Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dengan Bangka Belitung (Babel) ini sudah tersedia akses internet.

Baca: DPRD Minta Pemkab Lingga Buka Akses Internet di Pekajang

"Kemarin kami pernah menjanjikan untuk Pekajang bisa mendapatkan akses internet, nah sekarang sudah kita realisasikan menggunakan perangkat V-Sat, dengan kecepatan 5 Mbps dengan kuota unlimited sampai akhir 2019," ucap Kepala Sub Bagian (Kasubag) Kominfo di Setretariat Daerah (Setda) Lingga, Ady Setiawan kepada Batamnews, Selasa (12/11/2019).

Ia menjelaskan, saat ini masyarakat yang berada di Pulau Pekajang sudah bisa mengakses beberapa aplikasi sosial media (Sosmed) di perangkat smartphone masing-masing. Seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, bahkan melakukan video call.

"Dengan adanya akses internet ini, kami harap agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin guna meningkatkan pengetahuan dan kreativitas dalam peningkatan ekonomi masyarakat Pulau Pekajang," ujarnya.

Proses pemasangan perangkat V-Sat di Pulau Pekajang (Foto:ist/Kominfo Lingga)

Ady mengaku, hingga akhir 2019 ini untuk biaya operasional perangkat V-Sat tersebut ditanggung oleh pemerintah daerah. Namun, di tahun 2020 dan seterusnya, ia berharap dapat dianggarkan oleh pemerintah Desa Pekajang.

"Kan dana desanya lumayan tu, kalau mengandalkan APBD, kita terlalu berat. Apalagi tahun depan Kominfo berdiri sendiri menjadi dinas dan itu membutuhkan anggaran lumayan banyak. Saya rasa sudah cukup membantu ketika kami sudah menganggarkan peralatan dan pemasangannya pada tahun ini," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Kominfo Lingga memiliki dua alternatif untuk mengatasi permasalahan akses internet di Pulau Pekajang tersebut. Selain menggunakan perangkat V-Sat, alternatif lainnya yakni dengan mengusulkan ke Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI).

Baca: Pemda Lingga Usulkan Peningkatan Jaringan Berbasis 4G di Pekajang ke BAKTI Kominfo


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews