Dinkes Bintan Waspadai Gangguan Kejiwaan Pecandu Game Online

Dinkes Bintan Waspadai Gangguan Kejiwaan Pecandu Game Online

Ilustrasi. (Foto: The Epoch Times)

Bintan - Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan meminta puskesmas melaksanakan program kesehatan jiwa untuk masyarakat Bintan. Khususnya mengawasi bagi gangguan psikis akibat era digitalisasi.

Kepala Dinkes Bintan, dr Gama Gama AF Isnaeni mengatakan banyak faktor yang menyebabkan orang bisa mengalami gangguan psikis, baik dari game online maupun lainnya.

“Memang belum di Bintan belum ditemukan kasus gangguan psikis karena kecanduan bermain game online. Tapi kita harus antisipasi agar penyakit ini tidak menerpa Bintan seperti daerah lainnya,” ujar dr Gama, kemarin.

Penyakit ini timbul dari mencoba kemudian menjadi kebiasaan sampai menjadi ketergantungan alias kecanduan. Akibatnya psikis atau kejiwaan pecandu game online itu mengalami gangguan.

“Kecanduan game online tidak memandang usia,” sebutnya.

Agar kecanduan game online ini dapat teratasi, seluruh puskesmas diminta menjalankan program-program berkenaan dengan kesehatan jiwa. Bisa bekerjasama dengan dinas terkait maupun organisasi kemasyarakatan lainnya.

Contohnya, kata Gama, puskesmas melakukan langkah antisipatif pada anak-anak sekolah. Caranya meminta bantuan pihak sekolah dan para orang tua agar membatasi atau melarang anak bermain game online.

“Jangan membiarkan anak-anak memakai smartphone jika terlanjur harus mengontrol aktivitas sang anak. Kemudian kerjasama pihak lain untuk awasi di warnet-warnet sebab sering dijadikan tempat bermain game online,” ucapnya.


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews