SPBU Batuampar Disegel Karena BBM Tercampur dengan Air

SPBU Batuampar Disegel Karena BBM Tercampur dengan Air

Penyegelan SPBU. (Foto: ilustrasi)

Batam - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam menyegel SPBU Batuampar, Rabu (23/10/2019). Hal ini setelah adanya insiden tercampurnya Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan air. 

Kepala Disperindag Kota Batam, Gustian Riau mengatakan, keputusan penyegelan itu dilakukan setelah ada pemeriksaan oleh pihaknya. 

“Dalam pemeriksaan tersebut, hasilnya terbukti ada kebocoran dari tangki sehingga membuat air masuk ke tangki tersebut,” ujar Gustian saat dihubungi Batamnews, Rabu (23/10/2019). 

Penyegelan ini dilakukan sementara waktu, sampai ada laporan aktifitas SPBU sudah normal kembali. “Supaya masyarakat atau konsumen tidak dirugikan,” kata dia.

Sebelumnya diberitakan bahwa kebocoran terjadi di tangki Pertalite karena kesalahan Standart Operasional Prosedur (SOP) vendor pemasang sistem Automatic Tanks Gauge (ATG). Hal ini disampaikan Penanggung jawab SPBU Batuampar, Gabriel Sianturi. 

Akibat kebocoran ini total 18 mobil dan sepeda motor langsung mengalami kerusakan. Hal ini disebabkan presentase air yang terkandung di dalam BBM jenis pertalite tersebut cukup besar. 

“Campurannya 30% - 50% , bervariasi semakin lama atau semakin akhir, dia presentase airnya semakin tinggi. Untuk mencegah kerusakan lebih parah terjadi, malam langsung kita tutup ketika ketahuan ada kejadian tersebut sekitar 15 menit setelah kejadian," ujar Gabriel.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews