Rudi Targetkan 2 Bulan Pembenahan Dermaga Utara Pelabuhan Batu Ampar

Rudi Targetkan 2 Bulan Pembenahan Dermaga Utara Pelabuhan Batu Ampar

Pelabuhan Batu Ampar. (Foto: ist)

Batam - Kepala BP Batam, HM Rudi punya target yang harus diselesaikan dalam waktu dekat. Salah satu tugas diberikannya kepada bidang pelabuhan laut dan deputinya untuk menyelesaikan perbaikan Pelabuhan Batu Ampar secepatnya.

"Hari ini saya pertajam lagi supaya pelabuhan yang tidak sempurna harus disempurnakan. Berarti harus diselesaikan oleh 4 deputi ini," kata Rudi, Selasa (22/10/2019) usai meninjau Pelabuhan Batu Ampar, dan mengadakan rapat tertutup bersama seluruh pegawai BP Batam.

Kepala Badan Pelabuhan Laut BP Batam, Nasrul Amri Latif mengungkapkan, waktu yang diberikan Rudi untuk menyelesaikan revitalisasi dermaga utara Pelabuhan Batu Ampar hanya dua bulan.

"Kami dikasih waktu dua bulan untuk menyelesaikan apapun. Yang utama pengerukan, kalau pengerukan selesai, semua alat sudah bisa optimasi," ungkap Nasrul, Selasa (22/10/2019).

Waktu yang diberikan ini sesuai dengan perintah Presiden Jokowi saat Rudi dilantik. Saat itu, Rudi yang juga Wali Kota Batam ini mengungkapkan jika pihaknya diberi waktu 4 bulan untuk menyelesaikan perbaikan Pelabuhan Batu ampar.

Termasuk untuk meningkatkan kapasitas pelabuhan peti kemas Batu Ampar. Dalam perbaikan ini, tak hanya masalah pengerukan tetapi juga  pengadaan bantal penahan, dan pengadaan crane.

"Bukan hanya HMC (Harbour Mobile Crane), Quay crane atau dikenal CC (Container Crane) juga harus sudah ada. Untuk dioperasikanya alat itu kapal harus sandar mendekat. Saat ini sudah mulai beroperasi tapi kapal besar belum bisa sandar mendekat," terangnya.

Proses pengerukan diutamakan dalam proses revitalisasi dermaga utara Batu Ampar.

"Prinsipnya kalau sudah pengerukan kapal kelas fider dibawah 200 teus sudah bisa sandar. Setelah itu akan naik kelas panamat, dan seterusnya," imbuhnya.

Setelah revitalisasi dermaga utara selesai, proses revitalisasi akan dilanjutkan ke dermaga selatan. Untuk  Operasi Kapal Pelni akan dipindahkan kembali secara permanen di Pelabuhan Sekupang.

"Temen DJ (Dirjen) PL (Perhubungan Laut) sudah mengirimkan timnya untuk melakukan patrimetri Pelabuhan Sekupang, kalau itu sudah selesai kami akan kirimkan tim ke sekupang," tutupnya.

Proses pemindahan kembali operasi Kapal Pelni ke Sekupang ditargetkan selesai sebelum musim mudik Natal dan Tahun Baru.

(das)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews