Maruf Maulana Siap Danai Rudi, Lukita dan Soerya, Ini Syaratnya

Maruf Maulana Siap Danai Rudi, Lukita dan Soerya, Ini Syaratnya

Akhmad Maruf Maulana, Ketua Kadin Provinsi Kepri.

Batam - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kepri menyatakan siap menjadi sponsor bakal calon kepala daerah yang akan berlaga di Pilkada serentak tahun 2020.

Namun, kesiapan mendanai bukan berarti tanpa syarat. Kadin Kepri mengisyaratkan bakal calon yang disponsori, harus mampu dan berjanji menaikkan pertumbuhan ekonomi provinsi ini 7 persen plus. 

"Kita tidak pandang golongan, yang penting siapa saja yang bisa menaikkan pertumbuhan ekonomi 7 persen plus, kita teken kontrak politik, kami carikan logistik," ujar Akhmad Maruf Maulana, Ketua Kadin Provinsi Kepri, saat konferensi pers, Senin (21/10/2019).

Maruf menegaskan, kontrak politik ini terbuka untuk siapapun. Kadin tidak pandang bulu terhadap siapapun yang bisa menaikkan pertumbuhan ekonomi ini, baik HM Rudi, Lukita Dinarsyah Tuwo, Amsakar Achmad maupun Soerya Respationo. 

Bagi Maruf, langkah ini bukan berarti membawa Kadin ikut berpolitik praktis. Dia menyebut, terkait dengan ekonomi, Kadin tetap memiliki kepentingan.

"Kami tidak berpolitik, hanya saja ini kepentingan perekonomian Batam maupun Kepri," katanya. 

Kontrak politik tersebut ditandai dengan Kadin membuka pengisian formulir bagi bakal calon yang siap menerima tantangan. "Hari ini kita buka, bagi yang berani silahkan daftarkan diri, kita sudah siapkan formulir," kata dia. 

Bahkan lanjut, Maruf, ketika semua bakal calon bersedia pihaknya akan meminta presentasi seperti apa rencana ke depan menaikan pertumbuhan ekonomi tersebut.

"Kita tantang semuanya," kata dia. 

Namun demikian, Maruf tidak eksplisit menyebutkan besaran sponsor yang akan diberikan kepada para bakal calon kepala daerah ini.

Terkait kontrak politik ini juga sudah disampaikan Kadin Kepri saat mendampingi Lukita Dinarsyah Tuwo ketika mendeklarasikan diri bersama Ruslan Ali Wasyim dari Partai Golkar. Kadin selama ini memang gencar mengampanyekan Lukita untuk maju Pilwako Batam 2020. 

Sejauh ini, untuk Pilwako Batam, sudah ada beberapa nama mengemuka untuk maju ke pesta demokrasi lokal lima tahunan itu. Bahkan, partai-partai sudah membuka pendaftaran bakal calon.

Seperti PDI Perjuangan, diyakini akan berkoalisi dengan Partai Golkar untuk mengusung Lukita bersama Ruslan di Pilwako Batam. Sedangkan Soerya dan Isdianto menjadi dua sosok yang dimungkinkan akan berlaga di Pilgub Kepri.

Sementara, Partai NasDem akan mengusung kadernya sendiri. Dimungkinkan, Amsakar Achmad akan menjadi suksesor Rudi di tingkat kota. Rudi sendiri disebut-sebut bakal berlaga di Pilkada Kepri.

Selain itu, muncul juga nama-nama seperti Asnah, Iman Sutiawan, Haris Lambey dan Candra Ibrahim yang berhasrat maju dalam Pilwako Batam.

(tan)
 

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait