Hangout Sambil Menelusuri Sejarah Pembangunan Batam di Pekan Santai

Hangout Sambil Menelusuri Sejarah Pembangunan Batam di Pekan Santai

Pengunjung mengamati deretan foto-foto eks Kepala Otorita/BP Batam di Pekan Santai yang dihelat di Park Avenue, Batam Centre. (Foto: Dyah Asti/Batamnews)

Batam - Pekan Santai kembali menyapa masyarakat Batam di Park Avenue Mall. Bertema Pekan Santai X BP Batam, ajang ini dimulai Jumat (4/10/2019) hingga Minggu (6/2019). 

Berbeda dengan bazar-bazar lainnya, Pekan Santai tak hanya menyajikan hiburan, namun juga edukasi. Spot kuliner tetap disediakan bagi pengunjung yang ingin hangout di akhir pekan.

Edukasi yang dihadirkan adalah sajian perjalanan sejarah pembangunan Kota Batam. Sejarah ditampilkan dalam bentuk visual berupa deretan foto-foto.

"Sebagai alternatif tempat berkumpul saat weekend, Pekan Santai kali ini hadirkan pameran foto pembangunan Batam 2019. Jadi masyarakat bisa melihat pembangunan Batam dari awal hingga sekarang," kata Project Manager Pekan Santai, Nurul Syahfitri, kemarin. 

Foto-foto sejarah pembangunan Batam diletakkan di sisi kanan panggung dan mudah diakses pengunjung. Konten yang disajikan berupa perjalanan pembangunan Batam sejak 1971 hingga sekarang. 

Foto wajah-wajah Kepala Otorita/BP Batam pertama hingga ex-officio Kepala BP Batam 2019 juga turut dipajang. 

"Kita punya satu edukasi yang kita dokumentasi sejak tahun 1971 sebagai sejarah Batam. Bagi pendatang yang ingin tahu pembangunan Batam, bisa lihat di sini. Ini merupakan proses yang benar-benar dibangun oleh anak bangsa sehingga Batam jadi kota sekeren ini. Dan harus dijaga oleh orang - orang yang keren juga," ujar Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Dendi Gustinandar. 

Pameran foto ini menarik perhatian pengunjung. Yudith, salah satu ibu rumah tangga mengaku senang dengan hadirnya edukasi di sebuah hiburan. 

Ini menurutnya pertama kalinya ia temui di Batam. Hadirnya pameran foto di tengah kuliner disebutnya sangat cocok karena masyarakat bisa lebih menikmati. 

"Jarang kita temui pameran foto di tengah hiburan, biasanya pameran foto seperti ini kan di tempat yang serius seperti museum atau galeri. Dengan hadirnya pameran foto ini, ternyata lebih bisa dinikmati karena orang datang ke sini dalam keadaan santai," ucapnya. 

Tidak hanya foto, pada event ini, juga akan diputar video proses pembangunan Kota Batam. Lokasi ini sangat cocok menjadi sahabat keluarga karena menambah pengetahuan untuk anak-anak dengan cara yang menyenangkan 

Fadhel (9 tahun) yang berkunjung ke Pekan Santai bersama orang tuanya, Yudith merasa senang karena tempat ini sangat cocok dengan anak-anak. 

"Suka, karena ada gambar sejarahnya. Yang paling di suka foto bandara ada pesawatnya," ungkap anak laki-laki kelas 3 SD tersebut sambil menunjuk gambar bandara dengan pesawat berjejer. 

Tak hanya anak-anak, pameran foto ini juga mengundang rasa penasaran kaum milenial. Tak hanya sekedar dilewati, banyak anak muda yang mampir untuk mengetahui proses pembangunan Batam. 

"Adanya pameran foto ini, setidaknya kita tahu sejarah dan siapa pameran utama pembangunan. Batam dulu hutan belantara, sekarang kita bisa lihat proses pembangunannya, Batam jadi sebuah pulau dengan fasilitas lengkap. Generasi muda, wajib datang ke sini," pungkas Aryanda, salah satu pengunjung Pekan Santai. 

(das)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews