Kuliner

Pekan Santai, Bazar Kuliner Kekinian yang Lagi Hits

Pekan Santai, Bazar Kuliner Kekinian yang Lagi Hits

Lokasi acara Pekan Santai di Park Evenue Orchard Batam Centre (Foto: Batamnews)

Batam - Bazar Pekan Santai saat ini tengah menjadi fenomena baru di Kota Batam. Bazar yang satu ini digagas tidak saja sebagai ajang pekan kuliner, tapi juga tempat keluarga menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Ide ini awalnya muncul dibenak Nurul Safitri, Founder Pekan Santai, di saat tengah bersama keluarga. 

"Ide ini muncul di saat lagi santai bersama keluarga, jadi kami menyadari warga Batam kesulitan mencari tempat bersantai bersama keluarga, sembari menikmati kuliner yang enak. Kalau pun ada, tidak nyaman untuk membawa keluarga atau anak," ujar wanita yang hobi bertemu orang-orang baru ini saat berbincang dengan Batamnews di Rimbun Kopi Batam Centre, Selasa (17/9/2019).

Konsep Pekan Santai ini tidak seperti pasar atau pekan pada umumnya. Di Pekan Santai, orang bisa menikmati event sembari bersantai.

"Kita mempertimbangankan menggelar empat kali dalam satu tahun, karena menyiapkan sebuah event berkualitas itu butuh persiapan yang matang. Konsepnya beda dengan event-event serupa," katanya.

Ada perbedaan mencolok dalam setiap event Pekan Santai digelar. Pekan Santai tidak saja menghadirkan ratusan peserta tapi juga membawa pesan-pesan penting bagi kehidupan.

"Nanti pada 4-6 Oktober kita akan usung konsep Pekan Santai sekaligus kampanye peduli lingkungan, 'Say No to Plastic Bag'," kata wanita kelahiran Lhokseumawe, Nangroe Aceh Darussalam ini.

Target Nurul Syafitri kedepan Pekan santai tidak lah hanya sebatas tenant lokal Batam, tapi juga menghadirkan tenant-tenant seluruh Indonesia. Apalagi lokasi Batam yang sangat strategis.

"Sehingga para wisatawan cukup ke Pekan Santai untuk bisa menikmati ke unikan produk nusantara. Sehingga Pekan Santai bisa jadi penghubung antara wisatawan luar negeri yang ingin menikmati khazanah kuliner dan kerajinan tangan Indonesia," ujar wanita berjilbab ini.

Ramah anak

Event Pekan Santai ini ternyata juga ramah anak. Beberapa arena permainan dan lokasi yang nyaman menjadikan event Pekan Santai tempat favorit bagi para pengunjung untuk bersantai.

"Ada juga tempat-tempat permainan yang kita sediakan, selain itu tempanya juga nyaman," ujar Nurul.

Tak heran, kata Nurul, kesan yang muncul bagi para pengunjung adalah bazar dengan suasana yang nyaman. 

Sehingga bagi orangtua yang ingin membawa keluarga ke Pekan Santai tidak menjadi masalah. 

Omzet Ratusan Juta

Para peserta Pekan Santai juga merasakan benefit yang cukup lumayan. Mereka bahkan bisa meraup omzet mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah dalam tiga malam acara tersebut digelar.

"Ada sekitar 100 peserta yang akan bergabung dalam event Pekan Santai Season 3.0. Total transaksi non tunai mencapai ratusan juta pada season sebelumnya. Tenant yang ikut berbagai macam, mulai kuliner, fashion, aksesoris," ujar Nurul.

Selain itu, event tersebut juga diselingi dengan pertunjukan musik akustik.

"Aku tu ingin Pekan Santai ini tidak sekadar bazar tapi ada yang dirasakan berbeda dengan yang lain," ujarnya. Selain itu, peserta yang mengikuti Pekan Santai juga terseleksi.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. "Kita terbuka semua peserta pekan santai namun tetap selektif karena yang ikut bisa mencapai ratusan. Syaratnya, kualitas makanan, rasa, tampilan dan pelayanan harusnya bagus," katanya.

Park Avenue

Event Pekan Santai sudah digelar di beberapa lokasi. Park Avenue Orchard Park Batam Center, Palm Spring Batam Center. 

Pemilihan lokasi berdasarkan kenyamanan, akses serta beberapa faktor lainnya. Sehingga kesan yang muncul tentu saja sangat berbeda.

"Seperti Park Avenue. Lanscape rumput yang bagus. Instagramable," ucap Nurul. 

Lokasi Park Evenue ini memang tampak sangat representatif. Berupa taman lepas dengan rumput-rumput yang hijau. 

Road to Batamnews Anniversary

Acara Pekan Santai ini juga menjadi salah satu rangkaian acara 'Road to Batamnews Anniversary'. Puncak acara Batamnews Anniversary akan digelar pada 7 November 2019 mendatang. Batamnews di usia ke-5 memasuki usia matang. 

Menjadi media online dengan pembaca tertinggi di Sumatera. Ranking 100 besar di Indonesia dengan kategori media online.

Di acara puncak, Batamnews juga akan memberikan apresiasi atau penghargaan kepada sejumlah pihak yang masuk dalam kategori yang telah dinilai dewan juri. Dewan Juri akan diisi orang-orang yang berkompeten di bidangnya.

Selain malam penghargaan juga akan ada Batamnews Talk yang akan diisi para pelaku usaha dan pengamat perkembangan teknologi dan digital 4.0.

Peta Lokasi

Pekan Santai akan digelar di Park Evenue Orchard Batam Centre. Lokasinya sangat mudah dijangkau dari pusat kota Batam. 

Terletak di Batam Centre dengan akses parkir dan jalan yang lancar. 

Berikut peta dari Park Evenue tempat akan digelarnya Pekan Santai pada 4-6 Oktober mendatang.

 

Jadi tunggu apalagi, jangan lupa datang ke Pekan Santai!

(snw)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews